Tak ada

the_dreaming_human_machine_by_minimaltango_art-d5eqws2

Tak adakah yang membuatmu menikmati hidup ini ..
menginjak rumput basah yang masih dibalur embun
atau mengguncang batang yang daunnya masih menyimpan sisa hujan
atau bersandar di kursi yang menghadap bayang gunung nun disana

Tak adakah ?

Tak adakah yang membuatmu bergerak tidak seperti mesin
Berangkat dengan beban
Pulang lebih banyak pikulan
Berjalan tertatih melewati titian

Tak adakah ?

Alergi Debu

sneezeKerjaan rumah yang paling saya ngga bisa bantu-bantu adalah yang ada urusannya dengan debu. Semua urusan bersih-bersih bawahnya tempat tidur, debu yang menempel di kipas angin, lowo-lowo dan bahkan debu buku.

Kecuali banget buku, saya terpaksa memang harus mengerjakan dengan segala macam penutup, dari mulai kaos singlet, sampai segala masker saya gunakan. Pasalnya kalo sudah bersin-bersin alamat sodaranya yang namanya sesak juga ikutan nongol. Dan ini malah lebih repot nanganin sesaknya daripada nyuruh orang untuk bebersihnya. Tapi buku adalah hobby yang menyolok banget di saya beban tanggungjawabnya. Jadi kalo sudah ngatur buku yang kadang berantakan di lemari buku. Terpaksa persediaan Symbicort dan Berotec mesti lengkap dulu baru mulai.

Alergi debu adalah salah satu yang menyebabkan saya bersin-bersin. Yang lebih merepotkan sebenernya kalo sudah udara tanggung mau hujan. Itu ngga pake acara bersin langsung sesak.Juga kalo kamar dengan kelembaban tertentu seperti sebelum hujan itu. Justru berdingin-dingin di Puncak, Malang dan kota-kota dingin lainnya ngga masalah.

Dulu waktu pertama-tama di Probolinggo masih kebagian bertugas jaga Nyadnya Kasadha di Gunung Bromo. Itu ya kebagiannya terpaksa di Puskesmas Sukapura, atau paling jauh di Pustu Wonotoro. Ngga pernah dikasih di lautan pasir demi tidak menjadi korban ketimbang nolongin .. Alergi lumayan mengganggu. Tapi bertahun-tahun hidup dengan alergi yang penting banget adalah memahami saat dan apa saja yang menimbulkan. Dan mempersiapkan diri sebaik mungkin termasuk kontrol ke dokter spesialis paru. Apalagi sekarang cukup dekat.

Sekian tentang alergi saya ..

[draguscn]

Mules tingkat dewa ..

mules, tingkat, dewa, mules tingkat dewaKapan ya terakhir saya punya pengalaman memalukan? Setiap presentasi di dinkes biasanya sih tetap ada kekhawatiran kalo-kalo memalukan. Begitu juga kalo pas kebetulan memberikan pelatihan atau pengantar, suka kadang-kadang ada pertanyaan, mereka mengerti apa ngga ya yang saya maksud. Dan pasti memalukan banget kalo kebetulan jokes yang saya berikan sama mereka dinilai ‘garing’ misalnya.

Soalnya saya suka isin melihat ada orang yang secara ngga tahu malu menampilkan sesuatu di televisi misalnya. Ngga tahu kenapa kok urat malu saya yang terlalu mudah kesentil apa bagaimana, biasanya yang seperti itu saya pindahin channelnya.

Tapi kalo malu yang berakibat mules tingkat dewa kok kayaknya dah lama banget ngga ngerasainnya… Bahkan yang terakhir aja pun saya ngga ingat.

Pengalaman memalukan yang saya inget bikin saya keringetan bukan mules adalah waktu mewakili dinas kesehatan lomba presentasi dengan menggunakan bahasa inggris. Maklum inggris saya pas-pasan. Dan waktu yang bikin malu itu justru pas tes psikologi dengan pengantar bahasa inggris. Wah itu saya banyak banget “mati kamus”-nya.

Paling kalo diinget-inget saya juga gregetan kok waktu itu demam panggungnya. Justru berhadapan sama orang perancisnya yang waktu itu merupakan hadiah saya ngga kagok ngomong bahasa inggris. Ya antara lain karena dia juga ngga terlalu tahu saya salah apa bener ngomong bahasa inggrisnya. 😀 Kadang-kadang malah ngga ngerti karena mereka ogah menggunakan bahasanya.

Jadi kalo mules tingkat dewa saya belum pernah semalu itu.

[draguscn]

OK, Google ..

Image

Meski masih kagok, dan juga aneh di beberapa translasi voice command .. tapi mencoba Google Now beneran bikin seneng. Yang masih sulit bagi saya adalah Google masih belum bisa mengeja Probolinggo, misalnya atau tempat-tempat yang tidak bisa dibahasa-inggriskan. Kalo semua harus East Java ya repot .. di bawah ini ada beberapa perintah baik yang sudah lumrah, maupun yang mungkin baru terbaca, setidaknya jadi asyik “ngobrol sama handphone” ..  *rodho koyok wong gendheng sa’jane*

list-google-now-commads-infographic-v3

Bagaimana ? Apa sudah ada manfaatnya ? 😀

[draguscn]