Tembakau, berujung derita ..

Saya ngga akan cerita tentang Rokok sekarang ini. Karena pastilah dari beberapa posting sebelumnya pandangan saya tentang rokok sudah terlalu jelas. Tapi saya ingin kita melihat dulu sebelum jadi rokok. Tembakau, itu yang sekarang membuat orang di kecamatan saya ini lagi banyak meratap, bahkan mencoba bunuh diri

kebun-tembakau

Bertanam tembakau ternyata sangat beresiko. Tahun ini menjadi bukti bahwa alam yang punya jadwal sendiri, kapan mau hujan, kapan mau panas, akhirnya menjadi pukulan dahsyat buat petani. Angka gastritis melonjak. Percobaan gantung diri. Muka-muka orang-orang murung. Yang bisa menahan diri aja kalo ngomong seperti sedang ngga di badannya. Bayangkan saja tembakau yang sekilonya ditawar 32.000 kena hujan dikit berubah menjadi 12.000. Bahkan yang lebih sial sama sekali ngga berharga. Orang-orang jadi sering nengok langit.

images (1) Siklus tahunan yang biasanya terjadi di Puskesmas juga luput tahun ini, biasanya pada saat musim tanam, angka kunjungan rawat inap menurun drastis. Kecuali mau mati – kasarnya gitu – baru orang mau dirawat. Yang sakit sih sudah jelas ngga bisa apa-apa. Tapi mereka merasa rugi banget kalo harus ada yang menunggu pasien tersebut. Jahat yach ! Kenyataannya memang begitu. Waktu sangat berharga. Ya nyiram, mupuk, mencari yang kena penyakit, menanam ulang kalo mati dst. dst.

Di Rawat Jalan ngga sedrastis di rawat inap, Pasien biasa 80an biasanya hari rame, berkurang jadi 40-50an. imagesLumayan. Posyandu? Duh berantakan ngga karu-karuan. Pencapaian D/S mungkin hanya berkisar 30-40%. Berarti banyak ibu-ibu yang lebih rela tidak membawa anaknya ke posyandu, dan biasanya ini terjadi di saat orang merajang daun tembakau. Pada saat itu memang diperlukan banyak orang agar tembakau segera berubah dari daun menjadi lembaran-lembaran halus yang siap dijemur.

Nah biasanya pada saat selesai panen, dan sudah mulai menikmati hasil penjualan ke gudang-gudang dari pabrik-pabrik rokok terkenal, angka-angka tadi bergerak naik lagi. Bahkan pameo yang ada di sini, jangankan sakit berat, flu aja minta dirawat. Hehehe .. begitulah kondisi masyarakat disini, teman-teman. Beberapa orang kadang menyitir ini sebagai hukuman akibat kesombongan petani itu sendiri. Ada lelucon seperti ini kalau panen berhasil :

Bila bako sudah terjual dengan harga tinggi, uang 1000 jatuh ngga dipungut, cuma nyakit-nyakitin pinggang aja membungkuk-bungkuk. 😀

Terlepas dari guyonan ini benar apa ngganya, teman-teman di desa seringkali memperhatikan kegiatan panenan sampai dengan tembakau siap diantar ke Gudang, itu bisa menyita waktu dan melupakan berbagai kewajiban, baik seperti yang saya uraikan di atas terhadap diri dan anaknya. Maupun kewajiban penghambaan kepada Allah. Mereka jadi jarang shalat, puasa dll. Ini pula yang dianggap sebagai hukuman kepada ketidakpatuhan tersebut. Memang kalo sudah bencana datang orang cenderung menyalahkan apa saja yang bisa disalahkan. 🙂

Tahun ini cobaan datang bersama dengan bulan Ramadhan berakhir, iming-iming untuk meraup untung besar lenyap dari depan mata. Setiap tembakau yang sudah dirajang dan kemudian dijemur, harus menemukan sinar matahari yang terik. Karena itu siklus tembakau ini adanya di April – Oktober. Tapi siapa kira, musimnya sudah ganti penjadwalan. Yang tadinya harapannya masih panas ternyata hujan datang duluan, atau pada beberapa daerah memang sudah terus-terusan hujan sejak beberapa bulan yg lalu.

Mungkin – berandai-andai – ngga ada pikiran keberhasilan panen melimpah ruah lalu lebaran sudah dekat disertai dengan tuntutan mau pake baju baru, dst sampai dengan ada yg beli motor baru (semuanya ngutang), tentu kegagalan masih lumayan cuma memikirkan ongkos produksi tembakau saja. Tapi disertai dengan hutang-hutang lainnya yang dipakai terlebih dulu itu yang membuat frustasi. Padahal untuk kegiatan seperti bakar mercon yang bisa ratusan ribu habisnya demi telinga orang lain terganggu benar-benar sia-sia.

Menurut pak Mantan (Mantri Tani) saya, untuk kecamatan Krejengan saja tak kurang dari 1,5 M kerugian akibat panen gagal tahun ini. Ujian hanya diberikan kepada orang yang sanggup menerimanya. Jadi pasti ada jalan keluar. Kalo ngga keburu melingkarkan tali di sekitar leher. Tragis.

[draguscn]

7 Phases of Grief

Siapa orang yang tidak pernah kehilangan. Kecil atau besar kita pernah merasakan berpisah dengan sesuatu yang berarti buat kita. Mungkin itu sekedar gadget atau mungkin malah orangtua atau anak ..
Sesaat setelah kita mengetahui "keadaan kehilangan" tersebut kita sudah memulai phase of grief (fase bersedih?). Dan tidak ada cara yang paling benar atau paling salah dari bersedih. Semua perasaan pada waktu itu normal. Namun barangkali akan sangat membantu bila kita mengetahui urutan kejadian yang umum digambarkan pada orang yang bersedih.
1. Shock adalah tahap pertama. Hal ini biasanya disertai dengan rasa terkejut atau mati rasa.
2. Denial (Penolakan) biasanya mengikuti dengan cepat. Tak jarang kita mendengar "Aku tidak percaya," atau "Ngga mungkin !"
3. Bargain. Apa ya bahasa Indonesianya .. tawar-menawar .. prosesnya kurang lebih demikian. Sebenarnya konteksnya masih tidak menerima, tapi ada keinginan untuk menawarkan sesuatu kita sebagai pengganti. "Ah seandainya beliau ngga segera pergi, saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada beliau" dan seterusnya semacam itu.
4. Guilt (rasa bersalah) . Biasanya fase ini yang paling menyakitkan, karena kita menghukum diri kita sendiri dengan sesuatu yang kebanyakan keliru "aaagh seandainya aku ngga …" atau "cobaaa dulu aku baik sama dia .." dst dst ..
5. Anger (marah). Sebagian besar memang berupa marah tapi yang bisa cukup bijak menyikapi menjadikan ini semacam semangat untuk melewati masa ini. Jarang sekali fase ini tidak ada. Karena titik balik dari mulai mencari jalan melewati masa bersedih ini justru ada disini.
Meski demikian sebelum masuk pada pemafhuman ada satu fase yang kerap kita generalisasi sebagai bersedih.
6. Depression. disini biasanya kenangan datang dan pergi. Tentu saja ini tetap dianggap normal, masa bersedih bisa sampai dengan 6 bulan dan tetap normal tapi tentu saja ini pada yang kehilangan teramat sangat, sedangkan depresi hanya karena kehilangan pekerjaan atau bermusuhan dengan sahabat karib bisa lebih cepat teratasi. Kebanyakan teori menyatakan Depresi bisa mulai recovered kurang dari 2 minggu.
7. Acceptance and Hope (Penerimaan dan Harapan). Disini tercapai pengertian, bahwa hidup tanpa si fulan sudah tidak sama lagi dengan sebelumnya (atau semacamnya), but hey, life must go on .. yaiy !

What To Do

  • Berbagi perasaan dengan seseorang, wajib! Step ini juga diyakini mengurangi hasrat otak untuk memerintah lambung mengeluarkan asam. Jadi ‘curhat’ meski belum menyelesaikan masalah nampaknya akan sangat membantu. Tentu saja harus memilih teman yang dapat dipercaya.
  • Mendiskusikan perasaan itu dengan terbuka dan jujur, ini biasanya agak sulit. Kebiasaan ini biasa kita tonton di group terapi di negeri2 barat.
  • Berdayakan diri anda. Carilah kegiatan yang bisa membuat anda memanfaatkan kemampuan menolong orang lain.
  • Well .. bila sakit berlanjut hubungi dokter.

Sebenarnya di bagian akhir itu ngga harus dokter juga. Kadang-kadang seseorang yang bijak, nasihat agama yang bisa diterima oleh yang bersedih akan juga bisa dianggap pertolongan profesional.
Sampai fase mana anda ?

[draguscn, dari berbagai sumber]

Kerajaan Sihir dan Wabah Tawon Hindi

Syahdan suatu kala, tersebutlah suatu kerajaan sihir yang begitu terpandang seantero negeri .. Raja Sihir, demikian kita menyebutnya, adalah seorang yang sangat sepuh dan dihormati oleh penduduk negeri ..

Sepak terjang Raja Sihir sudah sangat terkenal .. Kaisar negeri ini saja sangat menghormati kedudukan Raja Sihir, juga karena ilmu-ilmunya yang nampaknya memang lebih mumpuni dari sang Kaisar, maupun sekolah-sekolah sihir yang didirikannya .. Kaisar konon pernah mempercayakan pengembangan pendidikan ksatria-ksatrianya dibawah bimbingan sang Raja Sihir. Dan tentu saja Raja Sihir sangat menikmati pemberian hak ini ..

draguscn, wabah flu babi, pesantren

Akhir-akhir ini Raja Sihir menjadi terlalu berlebihan dengan mulai mencampuri urusan dan berbagai kegiatan Tabib-Tabib di negeri ini .. bahkan Eyang Putri Tabib Ternama yang berkedudukan di Negri Tugu-Tugu, meskipun sudah memberikan beberapa kendaraan perang kepadanya.. tidak menjadikan Raja Sihir merasa perlu untuk bekerja sama dengan Tabib-Tabib bawahan sang Eyang Putri ..

Dan bencanapun datang .. Raja Sihir seharusnya mendapat pelajaran tentang sikap seenaknya yang sudah mulai membuat mual .. dan inilah peristiwa itu ..

Sudah beberapa minggu ini sejenis tawon dari jenis Hindi dibicarakan komunitas tabib dan penyihir .. Wabah Tawon Hindi kemudian dikenal dengan nama Penyakit Harimau. Penyakit ini konon karena tertular di harimau yang diharamkan oleh sang Raja Sihir .. seluruh dunia sudah mewartakan melalui bola ajaib penyihir sehingga masyarakatpun kenal dengan baik nama Penyakit Harimau yang konon menyebabkan mata menjadi merah, keluar lendir dari hidung, dan mereka mengaum karena badannya sakit-sakit ..

Seorang penyihir muda yang baru saja pulang dari Negri Para Penari .. ternyata membawa Tawon H1Nd1 dibadannya .. dan tawon yang menakutkan inipun beranak-pinak dan keluar dari badan si penyihir muda dan menyerang penyihir lainnya yang juga belajar sihir di kerajaan itu .. Raja Sihir mulai ketakutan melihat bayang-bayang harimau di Kerajaannya dan ternyata kebal terhadap sihir .. satu demi satu penyihir muda berjatuhan menjadi seperti harimau .. Raja Sihir-pun minta pertolongan Tabib-Tabib di sekitar .. dan berupaya agar kabar ini tidak tersiar ..

Segera Bunda TabibPutri .. yang mengomandoi tabib-tabib negeri ini mengirim beberapa kendaraan perang dan tabib ksatria yang sudah terlatih .. Penyakit Harimaupun mulai dijinakkan .. 2 markas ksatria digunakan untuk berperang .. pos-pos di pedesaan pun yang dihuni 1-2 Tabib ikut berdiri berjajar melawan sang Harimau ..

Namun apa daya sang Raja tidak ingin kehilangan pamor .. mulailah dia minta kepada tabib-tabib yang berperang agar mereka mengakui tidak berhadapan dengan harimau .. tapi hanya dengan penyakit kucing yang ngga menakutkan … kepentingannya jelas .. kalau tersiar di Kerajaan Sihir ada Penyakit Harimau .. orang tua mana yang akan mengijinkan anaknya digembleng disana?

Benar-benar raja yang menyebalkan .. demi kerajaannya direlakannya berita bohong tersebar luas .. tentu saja jadi tertawaan para Tabib yang mengerti .. Dan tersebarlah sekarang bagaimana kerajaan sihir sebenarnya .. dimana kstaria2 digembleng .. puri untuk 800 ksatria dihuni 2000 .. dapatlah dimengerti Penyakit Harimau meraja lela ..

Sungguh negeri konyol dan sekelumit cerita yang tidak pantas anda baca ..

dragus.cn, other pieces of mine

60 Niche yang berkaitan dengan Kesehatan

Saya survey dan menulis tentang niche untuk health, kalau anda mencari niche tentang kesehatan mungkin anda bisa menggunakan beberapa kata kuncinya.

Dibawah ini tersedia daftar niche menurut saya yang bisa digunakan untuk bikin blog tentang kesehatan. Terserah mau made for adsense atau mo serius ngeblog tentang keyword tertentu. Entah gunanya apa untuk anda, tapi bagi saya ini cuma sekedar sharing saja.60 Niche yang berkaitan dengan Kesehatan, Jun 2009

Baca lengkapnya yach !