Journal Prompts


Photo by Polina Kovaleva on Pexels.com

Kalo kemaren bikinnya memperkenalkan aplikasi jurnal yang disebut sebagai Prompted Journal. Nah yang sekarang dan seterusnya adalah lanjutan tentang promptsnya. Anda bisa gunakan tiap panduan disini tiap hari menuliskan dengan menjawab beberapa pertanyaan atau mempunyai ide dari pembahasan tersebut.

Success is …

Apakah arti sukses bagi anda? Apakah ada perbedaan definisi sukses anda dengan orang lain? Apa yang menyebabkan anda merasa sukses?

Pikirkan sukses yang pernah anda rasakan dalam hidup, apa yang anda pelajari tentang diri anda selama prosesnya?

Bagilah sukses menjadi beberapa kategori (pekerjaan, kehidupan keluarga, kesehatan dll) bagaimana anda memikirkan tiap bagiannnya? Atau apakah bagi anda sukses harus gambaran keseluruhannya?

Love is …

Apakah itu rasa? Sebuah kegiatan? Atau cara berpikir?

Bagaimana anda memperlihatkan cinta pada orang lain? Bagaimana sebaliknya?

Apa yang segera dapat anda artikan sebagai cinta? Siapa yang mengajarkan anda tentang cinta? Apakah anda setuju dengan bagaimana anda diajarkan tersebut?

Apakah anda merasakan penolakan dari diri anda sendiri dalam hal menerima kasih sayang? Kenapa? Apakah cinta mempunyai dimensi spiritual? Bagaimana maksudnya itu?

I feel most like myself when

Pikirkan satu waktu yang anda tidak perlu jaim atau berpura-pura? Deskripsikan apa yang terjadi dan apa yang dirasakan dengan detail. Berapa sering anda merasa demikian?

Apakah yang demikian itu memberikan sensasi kebebasan?

Pada saat kita merasa menjadi diri kita sendiri, kita terhubung dengan kepolosan dalam diri kita. Apakah yang dikatakan kepolosan ini sekarang kepada anda? Apakah anda dapat mengizinkan diri anda menjadi diri anda sendiri?

If I weren’t afraid of getting rejected or looking foolish, I would …

Darimana pemikiran/ketakutan akan ditolak ini berasal? Bagaimana jika anda tidak pernah takut terhadap rasa ditolak ini? Seperti apa kira-kira hidup anda? Apa kira-kira yang anda katakan dan lakukan? Bagaimana cara anda berpakaian? Cobalah menjadi orang ini barang sejenak, dan tuliskan yang anda rasakan.

I feel confident when ..

Pikirkan kapan terakhir merasa percaya diri. DImana saat itu, apa yang sedang anda lakukan? Apa hal yang berkontribusi pada rasa percaya diri tersebut? Apakah karena berpikir positif, latihan yang cukup, pengalaman melaksanakan yang cukup lama, pengetahuan yang memadai, atau karena ada orang lain yang bisa diajak bicara? Atau hal lainnya?

Apa “self talk” yang muncul bila anda merasa percaya diri? Dan apa yang anda katakan dalam hati pada saat kurang percaya diri? Bagaimana kira-kira anda akan menjalani hidup bila anda lebih sering percaya diri?

A recent set back. What did I learn

When you fall down, pick something up.

Oswald Avery

Apa hikmah dari kegagalan terakhir? Apa yang dapat dipelajari dari pengalaman tersebut. Tuliskan sebuah frase atau yel-yel yang dapat diulang bila mengalami hal yang sama di masa yg akan datang.

Nah ayo bikin entry lagi.

@draguscn

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s