Prompted Journals


Photo by Jess Bailey Designs on Pexels.com

Beberapa hari belakangan sejak melakukan wawancara dengan mas Rezky, kenikmatan melakukan journaling kembali terasa. Sehingga iseng-iseng aja mulai browsing di Google Playstore melihat aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk membuat jurnal.

Saya pernah menggunakan Journey. Aplikasi yang sepertinya sampai saat ini masih cukup bagus untuk digunakan. Ada beberapa keunggulan baru yang ditambahkan. Tapi rasanya masih belum cukup untuk memindahkan cara melakukan jurnal yang sekarang saya lakukan.

Selain membiasakan membuat jurnal dalam bentuk morning pages memang masih ada beberapa yang saya lakukan dalam bentuk atau konteks jurnal. Misalnya apa yang saya gunakan di Notion itu lebih kepada bagaimana membuat rencana-rencana harian. Saya menggunakan model 12 pekan yang dikembangkan coach Aji. Kata beliau itu asalnya dari buku 12 Weeks a Year. Tiap kuartal kita buat prioritas-prioritas dan dibreakdown jadi 12 minggu yang tiap harinya dipantau dari pelaksanaan aktivitas kunci dan evaluasi keberhasilannya yang kembali bertingkat.

Dua hal itu sudah cukup berat membuat sibuk pagi hari saya sebenarnya. Karena di dalam rencana harian itu saya mencoba konsisten belajar dan membuat ringkasan satu dua hal yang saya temukan bermanfaat. Saya juga melakukan jurnal syukur (gratitude journal). Dan saya melihat format yang menarik dibuat dalam satu aplikasi gratisan dari Darling Apps yaitu Three Good Things. Aplikasinya saya unduh, saya pelajari dan kemudian saya pindahkan ke Notion sebagai salah satu entry harian. Kita bahas kapan-kapan ya.

Bagusnya kemudian saya menemukan saudara aplikasinya gratitude jurnal ini dari Darling Apps. Yaitu Prompted Journal. Konsepnya sudah tidak asing, dulu one day one post dari wordpress pernah ada juga dengan model ini. Tiap hari kita diberi tantangan berupa kata atau kalimat. Demikian pula pada aplikasi ini. Tiap hari diberi dua tantangan, ada dive deeper section yang memberikan pertanyaan-pertanyaan lebih jauh tentang topik judul.

Mungkin karena yang diberikan sebagai tantangan di awal menarik perhatian saya sehingga saya akhirnya membeli akses selama setahun untuk melihat apa saja prompts yang diberikan. Hari ini sudah hari ke-4. Saya mulai dengan dua tantangan perhari. Dan hari ini saya maksimalkan menjadi tiga tantangan perhari. Otak kekanak-kanakan saya ingin melihat segera pada saat topik yang sama berulang bagaimana bentuknya.

Per hari ini ada sembilan tantangan menulis. Karena ada beberapa hal yang sifatnya pribadi bukan jurnalnya yang saya muat disini. Tapi tantangannya saja. Beserta dengan pemahaman saya tentang seksi dive deeper. Semoga ini bisa membuat anda makin greget bikin jurnal.

Dear Future Me

Photo by Mikhail Nilov on Pexels.com

Akan jadi seperti apakah nantinya anda? Dimana anda akan tinggal? Apa yang sedang anda kerjakan? Apa yang akan anda kerjakan dalam 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Apa yang diharapkan terjadi sebagai perubahan? Apa yang anda harapkan tetap sama selama itu?

Berikan satu saran untuk anda di masa depan itu apa yang anda ingin ingat terus. Hal yang anda ingin ingat terus. 

Dear Past Me

Cobalah berimajinasi tentang siapa anda dulu tanpa justifikasi. Apakah pernah ada kebutuhan yang tidak terpenuhi? Bagaimana mengajak anda masa lalu untuk memahami kenapa anda tidak bisa memenuhinya?

Bagaimana anda mengatakan pada diri anda yang dulu tentang apa yang anda ketahui saat ini?

Apa yang anda idamkan bisa anda lakukan pada masa muda? Apa yang sudah tidak mungkin dilakukan saat ini? Terbuang begitu saja di masa lalu? Atau anda memang belum punya baik waktu atau apapun kesempatannya.

Apa yang anda ingin sampaikan sebagai permintaan maaf kepada anda yang lalu dan kenapa anda punya penyesalan itu? Bisakah anda memberikan ampunan terhadap kesalahan yang dilakukan anda masa lalu itu?

Apa yang hebat dari anda masa lalu ? Berikan compliment pada Anda masa lalu itu dan bersungguh2lah. 

Happiness is …

Apakah kebahagian ini adalah suatu keadaan atau suatu sudut pandang? Apakah kata benda (sesuatu yg dimiliki) atau kata kerja (sesuatu yang dikreasi dengan melakukan)? Apakah ada contoh pengalaman bahagia? Apa pengalaman yang sangat signifikans tentang merasa suka cita? Samakah dengan bahagia?

Bagaimana menurut anda membawa banyak bahagia ke dalam hidup anda?

I find it so beautiful that …

Photo by Tuu1ea5n Kiu1ec7t Jr. on Pexels.com

Cantik itu mudah mengundang perhatian, lihatlah sekeliling. Apa yang bisa anda masukkan sebagai salah satu keindahan /kecantikan. Deskripsikan apa yang anda temukan sebagai cantik dengan sangat detil.

Apa peran keindahan dalam hidup anda?

I’m getting in the way of my goals by …

Setiap kita punya hambatan internal yang niscaya harus kita temui dan hadapi. Apakah ia berupa kebiasaan tertentu, pola pikir, kepercayaan/keyakinan tertentu yang menghambat perjalanan mendapatkan apa yang diinginkan. Darimana kah asalnya?

Bagaimana kita mengubah hambatan ini menjadi suatu tantangan yang positif dan kesempatan untuk berkembang? Kadang hambatan karena kita mempunyai standar atau target pencapaian yang terlalu tinggi. Atau bisa jadi justifikasi kita terhadap satu hal yang kurang tepat. Bagaimana anda menolong diri sendiri untuk menyikapi pembatasan dan harapan tersebut?

If money weren’t a concern …

Visualisasikan sejumlah uang yang sangat besar, berapapun yang membuat anda merasa aman secara finansial. Apa yang kira-kira berubah? Apa yang kira-kira tetap akan anda jalani? Contohkan aspek-aspek kehidupan, misalnya makanan, ada dimanakah dalam skala “pola pikir miskin” dan “perilaku boros”

Bagaimana cara pikir anda mengenai yang bisa dilakukan dengan uang. Dan bagaimana keputusan-keputusan anda sehari-hari apakah dipengaruhi aspek finansial? Sejauh apa? Apakah anda ingin mengubah ini?

I find it difficult to tolerate …

Darimana kesulitan itu muncul? Bagaimana anda mengatasi kesulitan tersebut? Mengatasi tekanannya? Apakah ada batas-batas tertentu yang anda terapkan dalam situasi seperti itu?

A memory that makes me smile …

Photo by Fox on Pexels.com

Cobalah untuk menghidupkan sejenak satu kenangan yang indah, lucu, berkesan. Yang pada saat anda memikirkan ini anda merasakan sesuatu. Bagaimana kesan dalam dari suatu kejadian yang kita ingat itu mempengaruhi organ kita? cara bernapas? bagaimana kondisi badan? postur?

Coba jelaskan kenapa memory ini jadi spesial?

My job makes me feel …

Bagaimana anda merasakan tentang pekerjaan anda saat mulai dulu? Bagaimana dengan sekarang? Bagaimana kira-kira 5-10 tahun ke depan?

Apa yang anda harapkan bisa dicapai melalui pekerjaan anda sekarang?

Menurut anda apa perbedaan antara pekerjaan, karir dan pekerjaan yang karena panggilan (vocation)?


Sebegitu dulu tentang prompted journal atau jurnal terpandu. Silakan dimanfaatkan 9 hal/subjek tersebut untuk membuat jurnal, insya Allah akan saya tambah lagi. Jangan paksakan membuat banyak. Satu sehari akan sangat menarik dan menghasilkan kalau rutin dikerjakan.

Kalau ingin menggunakan sendiri aplikasi android Prompted Journal bisa anda unduh disini.

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s