Kapan diterapkannya Standar Akreditasi Puskesmas versi 2020?

Hari ini terjawab sudah kapan diterapkannya Standar Akreditasi Puskesmas versi 2020 yang disusun mulai tahun 2018, dipoles, dibuat menjadi SIAP 218, SIAP 219 .. dikembang-kempiskan dari meledak jadi 900++ EP turun menjadi 7 bab, turun jadi 500 dan sekarang tersisa 318 EP dengan isyarat bahwa ini masih dalam pembahasan, menurut ibu Hanum, Dir Mutu dan Akreditasi. Sehingga mungkin masih ada perubahan minor yang akan final disampaikan menurut janji bu Hanum – Marathon dan hasilnya dalam bentuk PMK akan ada dalam kisaran 1 Bulan !

.

Semoga kesempatan yang saat ini tersedia segera dimanfaatkan oleh temen-temen yang tahun ini akan melaksanakan reakreditasi untuk finalisasi persiapan, karena sampai dengan akhir tahun tampaknya tetap akan menggunakan standar akreditasi sesuai dengan PMK 46 tahun 2015.

Berikut adalah video selengkapnya pemaparan dari Dir Mutu dan Akreditasi tentang Konsep Penyelenggaraan Akreditasi Puskesmas.

Berikut Link Download, materi yang disampaikan dan pembahasannya.
1. Konsep Penyelenggaraan Akreditasi Puskesmas
2. Pembahasan oleh Kadinkes Kalbar
3. Pembahasan oleh Prof. Adi Utarini

Selamat berjuang untuk mempersiapkan diri.

Salam.

Agus Ciptosantoso

2 thoughts on “Kapan diterapkannya Standar Akreditasi Puskesmas versi 2020?

  1. Salam dr. Agus,mohon pencerahan: untuk PJ UKM apakah diperbolehkan sesuai pmk yg berlaku membawahi PJ UKM esensial dan PJ UKM pengembangan ? Dalam pokja UKM ada 3 pj?

    1. Menurut saya satu saja .. PJUKM (ya esensial ya pengembangan), kalo mau dibuat dua ya PJUKM esensial dan PJUKM pengembangan. Diatasnya langsung kapus, tidak ada PJUKM general atau apapun istilahnya.

Tinggalkan Balasan