Membaca Sukses 2


Mulai di bagian kedua, kayaknya temanya disini adalah bahwa sukses itu berasal dari kehidupan yang terencana.

Rencana tersebut diibaratkan sebagai GPS yang akan mengarahkan kita meski tidak persis dengan tujuan tapi mengarah. Ada cerita yang menarik tentang bagaimana sebuah menara di perkotaan yang pastinya akan dibangun dengan terencana, dirawat dengan profesional dan manakala kita bandingkan dengan hidup kita, ya kita akan dengan enggan bilang bahwa kita mau menukar hidup kita dengan sebuah menara berapapun harganya. Tapi apakah kita sudah melakukan perencanaan yang baik untuk hidup kita? Apakah kita sudah merawat hidup kita dengan menepati rencana2 tersebut?

Maka selayaknya kita harus memikirkan bagaimana kita merencanakan hidup. Karena hidup kita ini meski sebentar adalah hal yang berharga untuk dijalani. Maka dalam lanjutannya coach Aji menggambarkan bagaimana dasar pemikiran kita melakukan perencanaan. Sebenarnya kurang lebih sama ya dengan model change yang seringkali dibahas.

  • Kondisi sekarang (present state)
  • Kondisi yang diharapkan (desired state)
  • Bagaimana mencapainya.

Life plan sebagai hasil akhir dari bagaimana kita akan menyusunnya tentu saja bukan dokumen yang kaku. Tapi sesuatu yang rutin kita perbaiki, dipertajam langkah-langkahnya. Sehingga kita bisa mulai dengan satu bentuk tapi terus mengalami perbaikan.

Pertanyaan yang mendasari dalam menyusun rencana hidup adalah dengan asumsi kita memulai dari akhir untuk mendapatkan tujuan (titik B).

  1. Anda ingin bagaimana di akhir kehidupan anda?
  2. Apa yang penting bagi anda dan
  3. Bagaimana anda ingin mendapatkannya?

@draguscn

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s