Membaca Sukses


Photo by Jill Wellington on Pexels.com dalam Rekam Baca Life By Design

Di bagian mendefinisikan sukses ini Coach Aji memulai dengan pengantar yang ditajuk menaiki tangga kesuksesan, kemudian dilanjut dengan kehidupan sukses yg terencana dan pengantar tentang menyusun rencana hidup anda. Sekilas ini baru pengantar. Yuk masuk ke dalam .. (oya saya ngetik ini sambil bolak-balik bukunya ya)

Di bagian pertama ada ilustrasi orang yang sedang menaiki tangga sudah hampir sampai diujungnya tapi orang yang dibawah bilang dia memanjat di dinding yang salah. Serasa inget ada buku dengan tajuk “Barking Up The Wrong Tree”. Kemudian ada pertanyaan apa itu sukses dan penjelasan tentang definisi yang sering diartikan sebagai sukses :

  • Ketenaran & Kekayaan
  • Tercapainya Tujuan
  • Hidup Bahagia
  • Menjalani Kehidupan yang anda inginkan
  • Menemukan pekerjaan yang bermakna

Ada box yang menjelaskan tentang 3 macam kebahagiaan dari Richard Shell. Yaitu momentary happiness, overall happiness, dan deep happiness.

Kemudian coach Aji juga menuliskan tentang bagaimana prinsip mengenali kesuksesan dengan cara kita sendiri. Yaitu yg pertama sesuai standar kita sendiri, tapi tentu saja harus kita susun standarnya dengan mengenali nilai-nilai yang kita yakini, bisa jadi berasal dari keluarga, masyarakat tempat kita tinggal dan lingkungan yang mempengaruhi kita lainnya. Yang kedua: adanya kepuasan batin dan pencapaian yg tampak luar. Salah satu tidak optimal akan membawa ketimpangan. Dan yang ketiga, multi dimensi jadi tidak bisa hanya kita sebutkan bahwa kita sukses karena pekerjaan. Tapi juga sisi-sisi lain. Terakhir, ini bukan perhentian yang jadi tujuan. Tapi perjalanan. Sukses adalah saat menempuh perjalanan yang tepat itu. The journey not the destination. Kok jadi inget AADC 2. 😛

Dicontohkan juga bagaimana definisi sukses John C. Maxwell yang diadopsi sebagai definisi sukses coach Aji. Memahami tujuan hidup, bertumbuh menuju potensi maksimal dan menebar manfaat bagi sesama. Kemudian dijelaskan apa saja arti dari masing-masing definisi itu.

(Bagian keduanya lanjutan aja yah)

@draguscn

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s