Pedoman Kemenkes tahun 2016 yang digunakan di FKTP

No comments

Kebijakan-kebijakan Kemenkes terutama Permenkes biasanya berisikan pedoman-pedoman yang akan jadi panduan dari FKTP untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan berdasarkan panduan tersebut. Beberapa diantaranya berasal dari terbitan tahun 2016 adalah sebagai berikut :

Yang menarik saya tentu saja adanya perubahan atas PMK 46 yang selama ini merupakan pegangan melaksanakan akreditasi. Tapi ternyata perubahan di dalamnya tidak terlalu signifikan sampai merubah cara melaksanakan survei akreditasi. Hanya beberapa perubahan standar nilai yang juga tidak dimasukkan di dalam sana tapi akan ditetapkan kemudian.

Setelah itu yang paling membuat cara kerja di PKM terdampak adalah PMK 43 dan 44. SPM sudah terhitung sangat lama dari tahun 2008 yang terdiri dari 22 indikator. Sekarang hanya berisikan 12 indikator.

Sedangkan PMK 44 yang berisikan Manajemen Puskesmas, tidak terlalu baru, bahkan cenderung berkurang. Misalnya pedoman tentang evaluasi kinerja. Dibanding juknis yang terakhir (2006 ?) jauh sangat berkurang penjelasan di dalamnya. Juga contoh yang diberikan kurang sesuai dengan cara pandang kinerja di puskesmas. Lebih cocok bila itu penggambaran dari PWS. Mungkin ini akan jadi posting tersendiri yang menarik untuk dicermati satu demi satu.

Sekian dulu, semoga berguna pedoman-pedomannya. Salam.

Agus Ciptosantoso

Tinggalkan Balasan