Keselamatan Pasien

One comment

Keselamatan Pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melak`sanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

Dari sini saja ruang lingkup pembicaraaan di dalam PMK 11 tahun 2017 ini berisikan :

• asesmen risiko,
  • identifikasi dan pengelolaan risiko pasien,
  • pelaporan dan analisis insiden,
  • kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta
  • implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

Lebih jauh PMK 11 tahun 2017 mempunyai standar yang urutannya diatur tersendiri, agak berbeda dengan apa yang ditulis dalam PMK 46 tahun 2015. Puskesmas tentu saja harus mulai membandingkan kedua standar yang juga saling mengait. Sehingga pada saat survei akreditasi dilaksanakan tidak ada kebingungan standar mana yang dibuktikan dengan apa.

Ada banyak cara untuk membahas PMK 11 ini karena begitu padatnya bahan yang diberikan di dalamnya. Izinkan saya mengambil satu diantaranya yang saya lihat sangat berkaitan dengan standar yang ada dalam Akreditasi Puskesmas. Kewajiban menjamin keselamatan pasien menimbulkan standar apa saja yang perlu diterapkan di FKTP.

STANDAR KESELAMATAN PASIEN DALAM PMK 11/2017

Standar yang ada dalam PMK 11 meliputi 7 (tujuh) standar dan 26 kriteria, yaitu :

1. hak pasien. (3 kriteria)
  2. mendidik pasien dan keluarga. (1 kriteria)
  3. keselamatan pasien dan kesinambungan pelayanan. (4 kriteria)
  4. penggunaan metoda-metoda peningkatan kinerja untuk melakukan evaluasi dan program peningkatan keselamatan pasien.  (4 kriteria)
  5. peran kepemimpinan dalam meningkatkan keselamatan pasien. (9 kriteria)
  6. mendidik staf tentang keselamatan pasien. (3 kriteria)
  7. komunikasi merupakan kunci bagi staf untuk mencapai keselamatan pasien. (2 kriteria)

Lebih lengkap bisa dibaca di  PMK No. 011 tahun 2017 ttg Keselamatan Pasien.  Mungkin akan lebih bisa menjadi instrumen dari tiap FKTP yang ingin menerapkan Keselamatan Pasien bila dicoba buat dalam bentuk standar.

Anda yang kesulitan melihat di layar hp bisa melihat kesini.

Demikian dulu sedikit ulasan saya tentang PMK 11 yang baru saja dikeluarkan dan segera membentuk alur berpikir “baru” bagi para pelaku : pelayan kesehatana di tingkat pertama dan lanjutan, pendamping, dinas kesehatan dan surveior.  Mari diskusikan, masih banyak aspek yang bisa kita gali dari PMK 11 ini karena begitu luasnya bahan yang diberikan.

Salam

Agus Ciptosantoso

1 comments on “Keselamatan Pasien”