Apakah RUK & RPK sudah disusun?

One comment

Sesuai dengan harapan dari PMK 44/2016 yang meminta disusunnya RUK dan RPK pada awal tahun, maka pertanyaan saya rutin dalam tiap kali survei adalah apakah Puskesmas sudah menyusun Rencana Usulan Kegiatan dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan.

RUK dan RPK yg mana?

Saya selalu minta RUK adalah N+1. Jadi kalo sekarang 2016, maka saya cari RUK 2017, sedangkan RPK saya nanya yang tahun berjalan. berarti RPK 2016. Meskipun begitu pada elemen penilaian 5.5.1.4 kita diminta untuk melakukan penyimpanan arsip perencanaan. Biasanya ini 5 tahun. Jadi harusnya RUK yang ada juga mungkin sekali RUK 2017, 2016, 2015, 2014 dan 2013. Bila memang RUK dibuat tidak hanya tahun ini pasti dokumen tersebut dengan gampang disampaikan. Demikian pula RPK 2016, mestinya bisa ditelusur sampai ke RPK 2012.

Saya biasanya minta RUK (atau RPK) bukan daftar kegiatan dalam tabel saja. Tapi RUK dan RPK lengkap yang didalamnya disertakan tentang analisis-analisis. Puskesmas biasanya membuat dalam bentuk buku. Dijilid. Bila bukti ini ada mudah untuk dapat nilai penuh pada 5.2.1.1. Masih belum melihat ke dalam. Demikian pula RPK. Bila sudah disediakan yang sudah rapi, maka 5.2.1.2 juga langsung terisi.

Kejelasan informasi sumber dana biasanya dengan mudah didapatkan. Saat ini sebagian besar puskesmas mengusulkan kegiatan bersumber dari dana BOK. Ada sebagian yang memanfaatkan dana JKN. Dan ada juga yang menggunakan  dana APBD. Tanpa dijelaskan pun biasanya sudah tercantum dalam tabel bahwa dana tersebut berasal darimana. Dengan demikian 5.2.1.3 juga bisa terisi penuh.

Kenapa harus RUK dan RPK lengkap?

Kenapa saya minta RUK dan RPK yang sudah dijilid lengkap adalah karena untuk memeriksa dokumen perencanaan sekali jalan dengan melihat yang ada di dalamnya. kalau yang disampaikan hanya daftar kegiatan akan sulit melihat dasar pemikiran dari usulan kegiatan yang didasari kebutuhan masyarakat, misalnya.

Bila asal kegiatan dari identifikasi kebutuhan masyarakat dan sasaran sudah ada dan diteruskan sampai kajian kebutuhan juga sudah dilakukan. Maka pasti dengan memuat kajian tersebut dalam rencana juga bisa untuk pemenuhan elemen penilaian. 5.2.2.3 untuk kajian kebutuhan masyarakat yang berada dalam RUK dan 5.2.2.4 dalam RPK. Memang untuk kebutuhan masyarakat dan sasaran agak sulit diharapkan matched  dengan rencana pelaksanaan kegiatan, karena siklus perencanaannya mengharapkan data yang asalnya 1 tahun sebelumnya. Mungkin nanti pada saat sudah survei yang ke-2 kali di satu puskesmas sudah bisa diharapkan runutan ini ada.

Pembuktian RUK/RPK tidak membutuhkan tiap EP yang meminta dicopykan satu hardcopy berada dalam 1 EP, tapi cukup 1 buku tadi dan tiap kali ada EP yg meminta PJ UKM dan anggota Pokja bisa merujuk pada buku (dokumen) tersebut. Yang memeriksapun jadi gampang karena sekali melaksanakan.

  1. Ada RUK N+1 (5.2.1.1)
  2. Ada RPK tahun berjalan (5.2.1.2)
  3. Di dalam RUK dan RPK jelas sumber dana berasal dari anggaran mana (5.2.1.3)
  4. Di dalam RUK ada analisis kebutuhan masyarakat, telusur kepada daftar kegiatannya apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat (5.2.2.3)
  5. Di dalam RPK ada analisis kebutuhan masyarakat, telusur kepada daftar kegiatannya apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat (5.2.2.4)
  6. Apakah kegiatan-kegiatan tersebut sudah ditetapkan oleh Kepala Puskesmas (4.1.1.4).

Kerangka acuannya ? Jadwalnya ?

Kerangka acuan sebaiknya kita bahas sendiri. Untuk pembuktian 5.2.1.4, saya biasanya meminta kumpulan KAK yang merupakan penjabaran dari RPK tahun berjalan. Setiap Kegiatan yang ada di RPK harusnya punya KAK yang mendasari. Beberapa kegiatan bisa hanya punya 1 KAK bila memang merupakan tahapan.

Sedangkan untuk jadwal pada 5.2.1.5 saya lebih memintanya kepada jadwal kegiatan yang berasal dari kegiatan puskesmas. Lebih jauh tentang jadwal pada saat kita membahas 4.2.1. Jadwal yang disini adalah jadwal bulanan yang timbul karena kegiatan-kegiatan yg  ada dalam RPK.

Untuk selengkapnya 5.2.1 apa yang dimintakan bisa klik [link ini]

Demikian. Semoga bermanfaat.

[draguscn]

Advertisements

1 comments on “Apakah RUK & RPK sudah disusun?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s