Peraturan Menteri Kesehatan tentang Manajemen Puskesmas

One comment

Akhirnya keluar juga peraturan tentang manajemen Puskesmas. Meskipun di kalangan pelaku Pelayanan Kesehatan Masyarakat ini sudah bukan berita baru lagi. Sudah ditunggu-tunggu beberapa bulan dari mulai terdengarnya akan dikeluarkan  aturan ini.

PMK No. 044/2016 ttg Pedoman Manajemen Puskesmas

Kehadirannya juga mengakhiri KMK 128/2004 yang sebelumnya sudah dibatalkan oleh PMK 75/2014 tapi Manajemen Puskesmasnya jadi tidak punya referensi. Dengan keluarnya PMK 44/2016 ini maka diharapkan terjawab sudah yang selama ini belum selesai di PMK 75/2014.

Siklus Bermutu

Sepintas isi dari PMK 44 ini bercerita tentang :

  • Perencanaan (bab II), sebelumnya disampaikan penegasan siklus manajemen puskesmas. Tapi kok persiapannya menjorok sangat ya ke bulan Januari ? Apalagi dari Tabelnya. Padahal pelaksanaan SMD dan MMD itu bisa cukup lama, karena itu sudah tepat, kalo data tahun N-1 (akhir) digunakan untuk melihat data SMD dan melaksanakan MMD. Kalo dbuat awal Januari baru SMD bakal April-Mei baru bisa perencanaan.  Tabel Rencana Puskesmas
  • Menegaskan Perencanaan Puskesmas menghasilkan 2 produk : Rencana Lima Tahunan dan Rencana Tahunan (RUK dan RPK).
  • Menegaskan bahwa Penggerakan dan Pelaksanaan dilaksanakan setelah perencanaan. Mekanisme yang ditempuh adalah Lokakarya Mini Bulanan dan Tribulanan. Ada istilah umpan balik yang disediakan oleh Kepala Puskesmas. Alamat berakibat rancu lagi dengan umpan balik (4.1.2).
  • Bab IV bercerita tentang WasDal dan Penilaian. Dan ternyata memang cuma ada sedikit cerita tentang Wasdal (monitoring) meskipun sudah dikaitkan dengan pembinaan dan tindakan koreksi dan prevensi. Untuk Evaluasi cukup banyak dan dimulai dengan Penilaian Kinerja Puskesmas. Ada contoh tentang Radar Diagram (Jaring Laba-laba) tapi GJ. 😀
  • Setelah itu peran dinkes dan penutup. Berarti kendali mutu dan biaya yang dituliskan dalam KMK 128/2004,  lagi-lagi, belum ada gantinya.

Demikian sekilas PMK 44/2016. Semoga bermanfaat.

[draguscn]

Advertisements

1 comments on “Peraturan Menteri Kesehatan tentang Manajemen Puskesmas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s