Baiklah .. survei akreditasi kita mulai ..

No comments

Survei Akreditasi yang pertama di Puskesmas Sayegan, Kabupaten Sleman. Belum ada pengalaman survei. Meskipun sudah ikut magang, tetap saja persiapan harus lebih banyak.

Apa yang akan ditanyakan pertama kali pada PJ UKM dan Pokja II ?

Ada tiga yang saya rencanakan jadi pendekatan  :

  1. Menanyakan dengan pendekatan sistem. Mulai dengan bagaimana perencanaan dilakukan, apa saja yang dilaksanakan oleh pokja UKM pada saat melaksanakan perencanaan? Apakah bahan-bahan yang digunakan untuk menyusun kebutuhan masyarakat sudah ada? Bagaimana proses analisis kebutuhan masyarakat.
  2. Atau saya bisa menanyakan langsung per elemen penilaian. Mulainya tetap akan dari kriteria dan standar perencanaan. 4.1.1 bagaimana mendapatkan bahan kebutuhan masyarakat. Apa yang dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan kebutuhan masyarakat. Apa yang didapatkan dari survei? Apa yang didapat dari musyawarah atau diskusi?
  3. Atau saya juga bisa menanyakan dengan melihat dokumen-dokumen yang harus ditelaah dulu (SK, SOP dan KAK) baru kemudian beranjak kepada telusur kegiatan.

Akhirnya saya memilih cara ke-3 dengan melihat dulu dokumen-dokumen telaah baru kemudian menanyakan sistem setelahnya. Ada kesulitan dalam melaksanakan dengan menelaah bentuk SK, SOP dan KAK menjadi terulang-ulang dan lama. Seharusnya pada saat telaah bisa diselipkan telusur. Pasti akan menjadi lebih efisien waktu.

[draguscn]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s