Konsultan Surveior Akreditasi FKTP

cahyonoNamanya Dr. Tjahyono Kuntjoro, MPH. Tampaknya beliau akan segera menjadi favorit saya. Orangnya super cool. Bicaranya perlahan. Tapi banyak ilmu yang bisa keluar dari setiap kata-katanya, sayangnya karena beliau berbicara lambat-lambat .. sayanya jadi seringkali sudah keburu ngantuk *alasan*, atau waktu terasa tidak cukup.

Well ..

Hari ini beliau menjelaskan cukup banyak …mulai dari bagaimana itu yang namanya surveior akreditasi sampai dengan konsep mutu dan teman-temannya …

Kebetulan kita memang baru berkenalan dengan bab-bab dalam akreditasi, misalnya bab admen adalah 1, 2 dan 3, bab UKM 3 sesudahnya dan 3 bab terakhir adalah miliknya UKP. Tapi dalam tiap bab kelipatan 3 adalah bab mutu.

Kelihatannya dari jumlah elemen penilaian dalam tiap bab, maka bab mutu adalah yang paling sedikit dibandingkan dengan yang lain. Misalnya di bab 6 untuk UKM bab mutu hanya punya 1 Standar = Perbaikan kinerja / Mutu dan 6 kriteria. Kriteria itu yang angkanya jejer tiga (6.1.1 dst).

Mutu mengingatkan kembali mulai dari jaman di Banua Lawas dulu kenal dengan yang namanya mas Pras dan Quality Assurance, kemudian masuk ke Puskesmas Krejengan berkenalan dengan Team Based, Prospek dan Kelompok Budaya Kerja. Namun inti dari peningkatan mutu adalah kemampuan puskesmas bersikap analitik terhadap permasalahan yang dihadapi. Dan dalam yang saya pernah pelajari tentang peningkatan mutu seperti ini adalah berdasarkan lingkaran (siklus) pemecahan masalah.

Belum tahu implementasinya bagaimana ke dalam akreditasi akan tetapi yang namanya Kelompok Budaya Kerja (KBK) rasanya jadi keharusan di Puskesmas dan Rumah Sakit di Probolinggo, melihat ini kalo saya nanti akan menerapkan akreditasi di Puskesmas Kraksaan rasanya konsep KBK lah yang akan saya ambil. Biar sekalian kerja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Segitu dulu deh .. seperti yang saya bilang tadi … Ngantuk.

Camplong, 10 Agustus 2015

Posted by

doctor | blogger | ex social media junker | father of three cute children | coffee addict | just learn photography | healthcare accessor | ENTJ

Tinggalkan Balasan