Belajar tentang Akreditasi FKTP

No comments

Apa sih Akreditasi FKTP?

kartiniPengakuan terhadap Puskesmas, klinik pratama, praktik dokter dan praktik dokter gigi yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa fasilitas kesehatan tingkat pertama itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Siang tadi saya mulai berangkat ke Pelatihan Surveior Akreditasi FKTP angkatan pertama. Ternyata event nasional. Semua yang datang wajahnya agak asing2 .. Banyak yang sudah sepuh dan panitianya nampaknya dari depkes semua.

Ada sih beberapa yang saya kenal seperti pak Chulbi itu asalnya dari Bapelkes. Saya masih ingat karena tahun lalu banyak bersama beliau saat pelatihan haji. Kemudian ada dr. Titis yang kemudian saya ingat adalah teman PTT. Dan ada mas Is, saingan dokter teladan 2007, teman ke Paris 2012, dan teman di banyak event pelatihan dan pertemuan di Provinsi Jawa Timur

Akreditasi adalah bentuk penilaian kepada Puskesmas dengan menggunakan format-format yang sudah disusun dalam bentuk checklist, atau disebut sebagai instrumen akreditasi. Sepertinya memang ini mengadopsi dari Akreditasi Rumah Sakit melihat beberapa istilah sama. Instrumen akreditasi saya lihat mirip dengan sesuatu yang sudah saya pernah baca sebelumnya, saya baru ingat kalo itu asalnya dari Penilaian Puskesmas Berprestasi setelah bisa buka laptop. Hampir mirip.

Ada 3 FKTP yang dilakukan penilaian (survei akreditasi)

  • Puskesmas
  • Dokter dan dokter gigi mandiri
  • Klinik

Penilaian atau survei akreditasi sendiri akan terdiri dari 3 (tiga) orang surveior, yaitu :

  • Surveior Administrasi dan Manajemen, yang akan menilai atau bahasa surveiornya adalah memotret, bagaimana proses administrasi dan manajemen berlangsung di Puskesmas. Saya akan pakai istilah Puskesmas saja, karena toh sekarang akan dititik beratkan kepada puskesmas. dari 3 FKTP tersebut.
  • Surveior UKM, tentu saja akan menilai UKM dan mengingat sudah keluarnya Permenkes 75/2014 tentang Puskesmas, maka penilaian UKM disini akan meliputi program esensial (Promokes, Kesling, Kesga, Gizi, P2P dan Perkesmas).
  • Surveior UKP, yang akan menilai keadaan Pelayanan Kesehatan (medis teknis)

Sebelumnya pada saat didaftarkan oleh bu Lili (drg. Lili di Yankes Provinsi) saya diminta menjadi surveior UKM. Tapi kemudian saya lebih memilih untuk menjadi surveior UKM karena rasanya lebih banyak tahu tentang UKM daripada perkembangan UKP.

Acara akan berlangsung sampai dengan hampir 2 minggu karena terpotong 17 Agustus-an.

Tujuan mulianya kelihatannya sesuai definisi. Peningkatan Mutu Puskesmas. Dan dikaitkan dengan keharusan menjadi terakreditasi adalah keharusan untuk bekerja sama dengan BPJS pada tahun 2019. Ini menurut saya yang bisa mendesak Puskesmas untuk bisa berbenah. Hope so.

Baiklah kita ikuti aja.

Camplong, 9 Agustus 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s