Ngga Fokus (ADD), bukan hanya penyakit anak kecil ..

Untuk anda yang merasa mempunyai masalah ini anda mungkin bisa mencoba ..

  • Manfaatkan saat-saat produktif Anda. Dapatkan sebanyak ide yang mengalir kepada Anda dan yang mungkin anda lakukan. Jangan mencoba menekan ide-ide kreatif yang datang waktu itu. Cobalah pahami apa yang bisa meningkatkan produktivitas Anda. Kemudian cari hal-hal yang anda butuhkan untuk kembali berkonsentrasi. Jadwalkan ide-ide kreatif anda tadi pada saat yang bisa mendapatkan perhatian anda lebih baik.
  • Singkirkan kekacauan di tempat pekerjaan penting Anda. Mudah dikatakan daripada dilakukan, terutama jika anda memang bekerja di tempat yang penuh tumpukan barang. Faktanya, bekerja di lingkungan yang bebas gangguan akan meningkatkan konsentrasi dengan mengurangi stimulasi asing ke otak.
  • Jauhkan juga kekacauan dari otak Anda. Jika ada sesuatu pada pikiran Anda yang mengganggu Anda, ambil waktu beberapa menit untuk berbicara dengan seseorang tentang hal tersebut, atau menuliskannya dalam sebuah jurnal, catatan harian – hanya dasar pemikirannya saja agar anda tidak lupa nantinya – kemudian jauhkan pikiran tersebut sampai anda kelak punya waktu untuk mendalami ide-ide tersebut.
  • Tetapkan tujuan anda. Bagi dalam potongan-potongan kecil yang bisa anda kerjakan, sehingga Anda merasa menyelesaikan sesuatu walaupun hanya menyelesaikan kepingan tugas terkecil tersebut. Berikan reward untuk diri Anda sendiri bila berhasil menyelesaikan tujuan besarnya.
  • Tanamkan bahwa kekecewaan bukan sebagai bagian dari masa lalu maupun masa depan, tetapi hanya kegagalan sementara yang bisa anda perbaiki. Jika Anda membuat kesalahan atau tidak melakukan pekerjaan dengan baik, itu tidak berarti bahwa Anda selalu berkinerja buruk. Dan yang paling penting, jangan mengerjakan tahapan pekerjaan baru dengan mengharapkan kegagalan, hanya karena Anda memiliki kekecewaan di waktu sebelumnya. Orang dengan masalah pemusatan perhatian bisa sangat sukses bila mereka tertarik pada apa yang mereka lakukan.
  • Olahraga. Menyingkirkan kelebihan energi Anda.
  • Manajemen waktu adalah kuncinya. Untuk acara penting, pekerjaan Anda, atau sesuatu dimana Anda HARUS tepat waktu menyelesaikannya, rencanakan minimal sehari sebelumnya. Bila anda akan bepergian, misalnya, persiapkan rencana akomodasi, transportasi, setrika pakaian, charge hp dan gadget anda, persiapkan semua yang anda butuhkan sehari sebelumnya atau pada malamnya. Jangan melakukannya di pagi anda harus berangkat. Banyak hal yang seringkali terlupa atau terabaikan bila dilakukan pada pagi hari.
  • Membuat daftar TO DO. Tapi kelola dengan benar. Prioritaskan apa yang sebenarnya perlu dilakukan dan lakukan dengan benar sebelum Anda teralihkan perhatian. Jangan mengutuki diri jika Anda terganggu, cukup urutkan kembali apa yang seharusnya anda lakukan. Sekarang sudah cukup banyak piranti elektronik yang bisa memudahkan proses ini. Handphone yang anda gunakan sekarang mungkin sudah mampu untuk mengelolanya.
  • Biasakan membuat rutinitas untuk diri sendiri. Anda akan cenderung tidak melupakan hal-hal penting jika mereka menjadi kebiasaan (misalnya menaruh kunci Anda di gantungan dekat pintu setiap kali Anda memasukkan rumah Anda sehingga Anda selalu tahu dimana mereka). Selesai melakukan rutinitas pada malam hari (“ritual tidur”) seringkali dapat membantu Anda mendapatkan mood untuk tidur, mungkin karena bisa mencegah Anda dari berpikir terlalu banyak ketika Anda harus tidur. Rutinitas juga dapat berguna dalam pekerjaan atau sekolah. Setelah Anda menyelesaikan tugas-tugas penting untuk hari itu, Anda dapat merasa bebas dan lebih berani untuk membiarkan pikiran Anda mengembara, dan untuk menjalankan dengan ide-ide kreatif yang sebelumnya Anda temukan. Website ini memiliki beberapa kiat.

bedtime_routine

3 thoughts on “Ngga Fokus (ADD), bukan hanya penyakit anak kecil ..

  1. entah mungkin dulu terlalu sering banyak begadang atau kurang tidur dari kelas 1-3 sma. dan kebetulan saat gw nganggur. gw coba banyak belajar. nyoba hal baru. gw nyoba belajar gitar. gitar akustik.

    dan setelah beberapa tahun gw jadi lebih fokus. mungkin ini keberhasilan gw dalam memilih bermain gitar daripada apapun. jadi malah fokus ke gitar aja.

  2. Terima kasih atas infonya yang dibagi dalam tiga artikel ini pak. Saya jadi lebih tahu soal ADD ini, dan semoga ini bisa menjadi “kelebihan adalah kekurangan” saya. Salam 🙂

Tinggalkan Balasan