Ngga Fokus (ADD), bukan hanya penyakit anak kecil ..

3 comments

attention-deficit-disorder

Anda sering merasa multitasking .. mengerjakan sesuatu bersama-sama sekaligus? Selagi mengerjakan sesuatu, telpon berdering diterima, sms dibaca, twitter, facebook sempat dilihat dan dikomentari, sambil makan rujak dan sesekali melirik tv.. kalau pekerjaan utama anda setelah itu tetap selesai dalam waktu yg biasa tanpa gangguan, anda memang berbakat jadi multitasking.

Namun seringkali hal-hal seperti tadi adalah pengalih perhatian, yang tiba-tiba saja justru menyedot perhatian lebih besar daripada pekerjaan utama yang sedang anda kerjakan. Jangan takut, anda bagian dari banyak orang yang punya masalah serupa. Dari waktu ke waktu, stres kehidupan sehari-hari dikombinasikan dengan gangguan di lingkungan pekerjaan misalnya, benar-benar dapat mempengaruhi perhatian seseorang untuk tetap fokus kepada satu detail pekerjaan.

Sama dengan banyak sifat manusia, seorang bisa sangat fokus, tapi bisa juga sangat longgar .. dan bisa juga berada diantaranya. Dalam skala 0 sampai dengan 100, saya ada di 58, lewat tes ini. Anda bisa mencobanya juga.

Kebanyakan gangguan ini adalah normal, tetapi jika Anda

  • tidak dapat mencapai tujuan Anda (tidak menyelesaikan pekerjaan/tugas),
  • tidak bahagia dengan kinerja Anda,
  • dan tampaknya kalah bertempur melawan kurangnya perhatian Anda,

Anda mungkin menderita Attention Deficit Disorder (ADD).

ADD Cartoon

Banyak orang berpikir Attention Deficit Disorder (ADD) sebagai masalah yang timbul pada anak kecil. Kenyataannya ada anak ADD yg tidak terganggu lagi pada masa dewasanya dan sebaliknya ada yang tidak pernah terganggu masa kecilnya menjadi menderita ADD pada saat dewasanya. Gejala ADD berbeda pada orang dewasa dibandingkan anak, dan dapat memiliki dampak yang signifikan juga.

Orang dewasa dengan ADD sering mencari bantuan keluar dari frustrasi ā€“ karena mereka tidak dapat mencapai apa yang mereka tahu bahwa mereka mampu. Terapi dan obat-obatan dapat membantu, bersama dengan belajar taktik coping tertentu seperti keterampilan organisasi dan strategi untuk mempertahankan perhatian.

Penting untuk membedakan antara “normal” masalah perhatian bahwa kita semua menderita kadang-kadang, dan gejala ADD, karena mereka yang memiliki gangguan benar-benar dapat mengambil manfaat dari obat-obatan dan intervensi terapeutik.

Gejala-gejala ADD dapat termasuk:

  • Gagal untuk memperhatikan secara detail atau kecenderungan untuk membuat kesalahan ceroboh.
  • Kesulitan mempertahankan perhatian pada tugas-tugas.
  • Kesulitan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.
  • Kesulitan mengikuti arah, gagal untuk menyelesaikan tugas.
  • Sering kehilangan benda-benda.
  • Mudah terganggu oleh rangsangan dari luar.
  • Sulit mengorganisasi tugas-tugas.
  • Menghindari atau mengeluh tentang tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi lebih.
  • Gagal untuk mencapai tujuan pribadi.

Untuk dapat didiagnosis dengan ADD, harus ada beberapa bukti bahwa gejala negatif tersebut mempengaruhi fungsi individu dalam lingkungan sosial, akademis atau pekerjaan. Orang dengan ADD sering berhadapan dengan kenyataan — untuk hal kecil mereka dapat mengimbangi gangguan ini, namun setelah mencapai tingkat stressor/tanggungjawab yang lebih tinggi, mereka tidak bisa lagi menyembunyikan masalah mereka.

Sebagai pembanding, banyak orang dengan ADD juga sangat sukses, terutama jika mereka menemukan karir yang menarik bagi mereka dan mampu mengambil keuntungan dari sifat-sifat positif yang terkait dengan ADD termasuk didalamnya kreativitas, antusiasme, kecerdasan yang tinggi, kemampuan untuk melakukan banyak hal sekaligus, dan intuisi yang kuat.

Advertisements

Pages: 1 2 3

3 comments on “Ngga Fokus (ADD), bukan hanya penyakit anak kecil ..”

  1. entah mungkin dulu terlalu sering banyak begadang atau kurang tidur dari kelas 1-3 sma. dan kebetulan saat gw nganggur. gw coba banyak belajar. nyoba hal baru. gw nyoba belajar gitar. gitar akustik.

    dan setelah beberapa tahun gw jadi lebih fokus. mungkin ini keberhasilan gw dalam memilih bermain gitar daripada apapun. jadi malah fokus ke gitar aja.

  2. Terima kasih atas infonya yang dibagi dalam tiga artikel ini pak. Saya jadi lebih tahu soal ADD ini, dan semoga ini bisa menjadi “kelebihan adalah kekurangan” saya. Salam šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s