40 Pelajaran Hidup Setelah 40 Tahun Hidup

12 comments

40-birthday-gifts

Orang pada bikin tulisan gini, 18 hal di usia 18 .. 25 nasihat waktu aku berusia 25 .. jadi pengen ikutan .. dasar latah .. celakanya harusnya ada 40 hal, Thinking smile banyaaaakk .. apa iya saya belajar sebanyak itu selama hidup. Hihihi.. ya harusnya lebih lah .. masalahnya bisa ngga kita menyarikan dalam bentuk kata-kata, apa yang kita pelajari dalam hidup ini.

Seringkali orang tahu apa yang dilakukan karena sudah punya pengalaman, atau bisa menarik kebijakan dari pengalamannya, tapi pada saat ditanya kenapa dia melakukan itu ..

“ yaaa .. sudah pernah aja melakukan ..
“ngga tahu yaa .. insting ..

Nah ayo kita coba tulis aja dulu .. banyak poin disini adalah yang saya alami sendiri. Ada juga yang memang pada prinsipnya saya ngga ingin mengalami.

PRINSIP-PRINSIP dan PERASAAN

  1. Membuat kesalahan itu berguna. Orang yang berusaha menghindari berbuat karena takut salah dan malah tidak berbuat sesuatu justru sangat tidak berguna dan buang-buang waktu. Kesalahan adalah salah satu cara kita untuk mendapatkan ilmu.
  2. Kesenangan tidak berkaitan dengan harga. Money Betul fasilitas dibeli, tapi rasa senang adalah berkah dari Tuhan. Ia timbul dalam hati kita. Tidak bisa ditimbulkan hanya dengan memperbanyak benda-benda.
  3. Berbohong itu tidak nyaman. Ngeliat orang yang pasti berbohong aja dah keliatan ngga enaknya. Terlebih ngelakuinnya. Pointing up
  4. Sebaliknya tidak semua keterusterangan (mengutarakan kejujuran) berakibat kebaikan. Seringkali bila tidak bijak menyampaikan, malah akan berakibat yang sebaliknya. Penurunan kinerja, bahkan sampai permusuhan.
  5. Keluarga adalah tujuan sebenarnya dari bekerja. Arti penting kenapa kita bekerja adalah family. Jangan malah pekerjaan menjauhkan kita dari keluarga. Pada tahun 2001-2002 saya harus bekerja beda pulau dengan istri, dan rasanya betul-betul tidak nyaman. Untunglah peraturan pemerintah ini mempermudah pemindahtugasan mendekati keluarga.
  6. Marah Steaming mad akan membawa banyak hal tidak baik lainnya bermunculan. Cukup jelas.
  7. Akan sangat lebih mudah bila kita memang mencintai pekerjaan yang kita lakukan. Red heart
  8. Teknologi bisa sangat membantu, bisa sangat mengganggu. TV, Game, Browsing di internet bisa dalam manfaat relaksasi dan menambah pengetahuan tapi bisa sangat melelahkan dan mengajarkan negative attitude bila dilakukan berlebihan. Computer
  9. Keteraturan = 50% menyenangkan + 50% membosankan. Turtle Bukan berarti saya menyenangi berantakan, meskipun kadang-kadang bisa terjadi. Yang saya maksud dengan ketidakteraturan bisa seperti, anda keluar rumah lewat pintu depan, melalui jalan A dan masuk kantor dari gerbang depan dan lain hari melalui kombinasi yang berbeda. Melalui waktu saya belajar, ketidakteraturan, ketidakseragaman atau keberagaman itu ternyata menyenangkan.
  10. Minta maaf lebih dulu = menyamankan. Memberi maaf lebih dulu = lebih menentramkan. Dulu saya hanya meyakini bahwa memaafkan (memberi maaf) diperintahkan lebih daripada meminta maaf.
  11. Jangan pernah memerintah seseorang sebelum perintah itu anda bisa laksanakan sendiri. Jangan pernah melarang sebelum kita juga melaksanakan larangan itu. Sekecil apapun keteladanan itu perlu.
  12. Jangan pernah meremehkan kesalahan sekecil apapun, tapi jangan membesar-besarkan kesalahan. Berupaya saja lakukan perbaikan. Jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil apapun, tapi jangan juga memuji berlebihan. Jangan lebay. Surprised smile
  13. Terburu-buru berkomentar bisa sangat memalukan. Dan pelajaran yang didapat tentu saja karena malu. Embarrassed smile
  14. Cinta, ternyata ngga ada hubungannya dengan penampilan. Lebih berkaitan dengan banyaknya waktu yg dilalui bersama, kepercayaan, dan kesamaan baik yg muluk semacam ide, ideologi, prinsip sampai ke hal yg kecil-kecil.
  15. Sebagaimana kita membutuhkan tertawa Open-mouthed smile, kita juga perlu menangis Crying face, merasakan senangSmile, susah Sad smile, mengenali marah Steaming mad, dengki Green with envy .. lebih jauh kita bisa mengelola rasa itu. Semua itu membuat kita hidup. Menjadikan kita manusia.
  16. Setiap orang layak dapat kesempatan kedua.
  17. Mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang.
  18. Bantu orang lain untuk berhasil, anda akan jauh lebih berhasil.
  19. Lakukan sesuatu pada orang lain apa yang anda ingin orang lain lakukan pada anda.
  20. Kesadaran ternyata harus digali lebih jauh lagi.Star Turtle
  21. Keraguan, cupat pandang dan ketidakberdayaan terjadi karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya berlatih. Bila kita belajar dan berlatih, meski babak belur, suatu saat apa-apa yg baru dan tidak bisa kita lakukan akan jadi mahir dan biasa.
  22. Buat sesuatu yg dapat dikenang orang banyak. Temukan hal-hal baru, perindah kehidupan di sekitar anda, berinteraksi dengan sopan dan sahaja kepada lingkungan kita. Star
  23. Terkadang luka hati sembuh dengan sendirinya. Waktu yang mendewasakan. [kayak lagu].
  24. Momentum yang sama tidak datang 2 kali. Percayalah meskipun kelihatannya semuanya sama, waktunya pasti berbeda. Dan itu berarti tantangan berikutnya. Bisa lebih sulit bisa lebih mudah. Ambil setiap kesempatan yg tepat pada saat yg tepat.
  25. Jangan hanya mencari kebutuhan hidup dan melupakan untuk menikmatinya.
  26. Perjalanan spiritual itu awalnya sendiri, kesalihan pribadi, menuju kepada Yang Satu. Kemudian kembali bersamaNya menjadi bermanfaat untuk orang banyak.

    YANG GAMPANG DIAPLIKASIKAN

  27. Serius nih. Kesehatan adalah investasi. Kalau kita berinvestasi secara buruk, pasti akan menuai hasil yang sepadan. Lakukan check-up rutin 1-2 kali setahun. Berolahraga, makan yang teratur dan beragam, lakukan perilaku bersih dan sehat. Hindari alkohol, rokok dan zat adiktif. Mug
  28. Menulis itu menyehatkan, perbanyak karya tulis anda dari sekarang. Apapun bentuknya.
  29. Pelajarilah Mind-map, word processor, spreadsheet dan presentation application. Itu sangat berguna, apapun pekerjaan anda. Pelajarilah internet, buat alamat email, ikuti jejaring sosial dan buatlah blog.Computer
  30. Pelajarilah berkebun, memelihara binatang tertentu, keterampilan-keterampilan sederhana yang berkaitan dengan listrik, elektronik dan perpipaan. Percayalah akan sangat berguna.
  31. Jejaring sosial membuat kita awet muda. Bila kita hidup di tengah-tengah teman-teman yang sudah kenal kita sejak lama, refreshing memory akan berlangsung tanpa perlu kita mengupayakan terlalu berat. Dan ini sangat baik untuk meremajakan otak.
  32. Seriously, buku adalah jendela ilmu.School
  33. Tajamnya ingatan terjadi karena pengulangan. Lakukan pengulangan sampai 6 x. pasti akan lebih membekas. Open-mouthed smile
  34. Punya anak bisa merepotkan. Tapi punya anak jelas sangat menyenangkan. Mendengarkan canda mereka, bahkan tidur mereka membuat spasi dari pikiran2 yg sudah jenuh seharian.
  35. Berinvestasilah pada yang sedikit berisiko pada awal-awal pekerjaan anda, pada umur 35 ke atas mulai bergeser ke pasif income.
  36. Jangan berhutang untuk kebutuhan konsumtif. Dan ketahui dulu caranya dengan benar.
  37. Di pekerjaan hindari 2 hal : selingkuh dan korupsi.
  38. Banyak-banyak bikin kenangan. Terlebih lagi bikin rekaman kenangan. Foto, video apa aja deh .. suatu hari bakal berguna banget ..

  39. Berlatihlah istirahat total. Tidak hanya mengistirahatkan mata yang mengantuk dan badan yang capek, tapi juga pikiran. Tidur yang baik adalah yang cukup dan berkualitas. Bila tidur anda berkualitas (mencapai gelombang delta) maka pikiran anda akan diistirahatkan juga. Paruh pertama malam adalah pembentukan Growth Hormon bila kita dalam keadaan tidur. Paruh terakhir malam adalah waktu yang sangat pas untuk meditasi.
  40. Jadi orang dewasa enak juga.Winking smile ..

Masih banyak sebenarnya yang ingin saya tuliskan. Nanti kalo ada umur 41 on 41 ..

dragus.cn, other pieces of mine

Advertisements

12 comments on “40 Pelajaran Hidup Setelah 40 Tahun Hidup”

  1. Senang mengikuti tulisan anda! Ketika membaca, apa yang sudah aku lakukan sampai usia lanjut ini, prinsip-prinsip hidup seperti yang anda tulis……..(alasan krn sy tak cakap menulis…..he3x). Toh kalau ada yg membedakan, saya terlahir lebih dulu dan…….tidak produktif…xixixi). Makasih apa yg telah anda tulis masih berlaku utk usia lanjut agar tetap awet tua dan sehat! Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan, kesempatan dan kemudahan kepada kita sekalian. Amin

    1. Apalagi yg bisa dikomentari…semua sdh dituangkan…apa karena sama usia ya jd semua perasaan seperti terwakilkan..hehe.. Aq suka sama judulnya…I’m 18 with 22 years exp..menyiratkan kepercayaan..kebanggaan.. knp ngga milih i’m 17… hehe… Seharusnya mz gus sdh hrs menuangkn semua tulisannya dalam bentuk buku.. soalnya tulisannya enak dibaca..

    2. Ayie, makasih dukungannya .. pengennya sih iya .. bikin buku. Kapan2 kalo jadi Ayie gratis satu .. tapi belinya 5 yach ,, wekekeke ,,,

  2. senang & bahagia membaca & merenunginya…di usiaku yg 40 ini ak berupaya mematangkan diri..jiwa n bathinku…terimakasih banyak dgn tulisan ini krn byk membantuku utk itu smua… 🙂

    1. Wah sedalam itu Nev? Alhamdulillah .. tau ngga kita udah betemen selama 35 tahun!! Satu dari sedikit daftar yang masih bisa terkoneksi .. kita, deddy, aca, tono kaban. Udah siapa lagi ya yg dari TK ..

    1. Maksudnya *lincah* ? Hehehe .. Iya, paling ngga memang lebih banyak sedentary lifestyle yang dilakoni. Moga-moga tetap sehat, mba Ajeng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s