Persepsi kita tergantung yang menyampaikan ..

No comments

Old_timer_structural_worker

Mulailah dari yang kecil. Karena segala hal yang besar berasal dari yang kecil

Segala seseuatu yang kita kerjakan bila tidak dimulai-mulai selamanya akan tetap bernilai kecil, tapi bila kita mulai meski kecil-kecil lama-lama kita akan mendapatkan hasil yang besar. Demikian kira-kira salah satu yang bisa kita maknakan dari hal diatas .. Sesuatu yang bijak untuk terus ditularkan kepada orang lain. Dan berlaku secara umum untuk banyak hal. Apapun yang kita lakukan biasanya akan bisa dicocokkan dengan quote diatas.

Tapi bukan itu yang ingin saya bicarakan. Saya ingin membicarakan tentang pengaruh si pembawa pesan pada persepsi tentang pesan tersebut. Orang bisa tidak sependapat dengan orang lain bisa hanya karena pesan yang disampaikan kurang disenanginya. Hal ini seringkali pula dipengaruhi like and dislike terhadap si penyampai. Orangnya memang tidak menyenangkan atau tidak disukai sejak awal maka pendapatnya bisa jadi akan disangkal sejak awal pula. Meskipun pendapatnya ada benarnya .. kadang2 yang dikritik cara penyampaiannya, penampilannya, apa aja bisa dibuat untuk menyalahkan.

Saya teringat di rapat-rapat, kalau sudah yang menyampaikan orang tertentu yang punya track record negatif .. mesti segera dipotong pembicaraannya .. seakan-akan yang dibicarakan pasti salah atau kurang informasi. Celakanya kadang-kadang hal ini terbukti. Hah!

Nah kembali pada pokok pembicaraan kita .. pengertian akan hal tertentu terpengaruh salah satunya oleh si pembawa berita. Kita contohkan quote diatas .. Apakah pendapat anda masih sama kalau saya tulis seperti ini :

mak-erot

 

“Mulailah dari yang kecil. Karena segala hal yang besar berasal dari yang kecil”

~ Mak Erot (1930 – 2007)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s