Tag Baru, Kisah-kisah Motivasi

Cukup banyak kisah-kisah motivasi yang kadang menyentuh pada saat kita membacanya. Dan saya rasa ngga ada salahnya saya juga ikut mengumpulkan kepingan-kepingan ini. Bila anda sudah membaca, skip it. Saya berharap, kapan-kapan saya masih bisa membuka blog saya dan menemukan lagi kisah-kisah ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA          

PENYESALAN

Seorang pemuda sebentar lagi akan diwisuda, sebentar lagi dia akan menjadi seorang sarjana, akhir dari jerih payahnya selama beberapa tahun di bangku pendidikan.

Beberapa bulan yang lalu dia melewati sebuah showroom, dan saat itu dia jatuh cinta kepada sebuah mobil sport, keluaran terbaru dari Ford. Selama beberapa bulan dia selalu membayangkan, nanti pada saat wisuda ayahnya pasti akan membelikan mobil itu kepadanya. Dia yakin, karena dia anak satu-
satunya dan ayahnya sangat sayang padanya, sehingga dia yakin banget nanti dia pasti akan mendapatkan mobil itu. Dia pun berangan-angan mengendarai mobil itu, bersenang-senang dengan teman-temannya, bahkan semua mimpinya itu dia ceritakan keteman-temannya.

Saatnya pun tiba, siang itu, setelah wisuda, dia melangkah pasti ke ayahnya. Sang ayah tersenyum, dan dengan berlinang air mata karena terharu dia mengungkapkan betapa dia bangga akan anaknya, dan betapa dia mencintai anaknya itu. Lalu dia pun mengeluarkan sebuah bingkisan,… bukan sebuah kunci ! Dengan hati yang hancur sang anak menerima bingkisan itu, dan dengan sangat kecewa dia membukanya. Dan dibalik kertas kado itu ia menemukan sebuah Kitab Suci yang bersampulkan kulit asli, dikulit itu terukir indah namanya dengan tinta emas. Pemuda itu menjadi marah, dengan suara yang meninggi dia berteriak,

“Yaahh… Ayah memang sangat mencintai saya, dengan semua uang ayah, ayah belikan alkitab ini untukku ? ”

Lalu dia membanting Kitab Suci itu dan lari meninggalkan ayahnya. Ayahnya tidak bisa berkata apa-apa, hatinya hancur, dia berdiri mematung ditonton beribu pasang mata yang hadir saat itu.

Tahun demi tahun berlalu, sang anak telah menjadi seorang yang sukses, dengan bermodalkan otaknya yang cemerlang dia berhasil menjadi seorang yang terpandang. Dia mempunyai rumah yang besar dan mewah, dan dikelilingi istri yang cantik dan anak-anak yang cerdas.

Sementara itu ayahnya semakin tua dan tinggal sendiri. Sejak hari wisuda itu, anaknya pergi meninggalkan dia dan tak pernah menghubungi dia. Dia berharap suatu saat dapat bertemu anaknya itu, hanya untuk meyakinkan dia betapa kasihnya pada anak itu. Sang anak pun kadang rindu dan ingin bertemu dengan sang ayah, tapi mengingat apa yang terjadi pada hari wisudanya, dia menjadi sakit hati dan sangat mendendam.

Sampai suatu hari datang sebuah telegram dari kantor kejaksaan yang memberitakan bahwa ayahnya telah meninggal, dan sebelum ayahnya meninggal, dia mewariskan semua hartanya kepada anak satu-satunya itu. Sang anak disuruh menghadap Jaksa wilayah dan bersama-sama ke rumah ayahnya untuk mengurus semua harta peninggalannya.

Saat melangkah masuk ke rumah itu, mendadak hatinya menjadi sangat sedih, mengingat semua kenangan semasa dia tinggal di situ. Dia merasa sangat menyesal telah bersikap jelek terhadap ayahnya. Dengan bayangan-bayangan masa lalu yang menari-nari di matanya, dia menelusuri semua barang dirumah itu.

Dan ketika dia membuka brankas ayahnya, dia menemukan Kitab Suci itu, masih terbungkus dengan kertas yang sama beberapa tahun yang lalu. Dengan airmata berlinang, dia lalu memungut Kitab Suci itu, dan mulai membuka halamannya. Di halaman pertama Kitab Suci itu, dia membaca tulisan tangan ayahnya, “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain. Dan Tuhan Maha Kaya dari segala apa yang ada di dunia ini”

Selesai dia membaca tulisan itu, sesuatu jatuh dari bagian belakang Kitab Suci itu. Dia memungutnya,…. sebuah kunci mobil ! Di gantungan kunci mobil itu tercetak nama dealer, sama dengan dealer mobil sport yang dulu dia idamkan ! Dia membuka halaman terakhir Alkitab itu, dan menemukan di situ terselip STNK dan surat-surat lainnya, namanya tercetak di situ. Dan sebuah kwitansi pembelian mobil, tanggalnya tepat sehari sebelum hari wisuda itu.

Dia berlari menuju garasi, dan di sana dia menemukan sebuah mobil yang berlapiskan debu selama bertahun-tahun, meskipun mobil itu sudah sangat kotor karena tidak disentuh bertahun-tahun, dia masih mengenal jelas mobil itu, mobil sport yang dia dambakan bertahun-tahun lalu. Dengan buru-buru dia menghapus debu pada jendela mobil dan melongok ke dalam. bagian dalam mobil itu masih baru, plastik membungkus jok mobil dan setirnya, di atas dashboardnya ada sebuah foto, foto ayahnya, sedang tersenyum bangga. Mendadak dia menjadi lemas, lalu terduduk di samping mobil itu, air matanya tidak terhentikan, mengalir terus mengiringi rasa menyesalnya yang tak mungkin diobati.

[Mendengarkan Suara Hati]

Betapapun berharganya suatu impian kita, jauh lebih berharga kebersamaan dengan keluarga. Terlebih bila itu orangtua atau anak. Jangan hanya demi harta benda yang bisa kita cari, kita harus kehilangan kesempatan bersama mereka.

dragus.cn, other pieces of mine

Apa itu Sikap Mental Positif ?

Positive Mental Attitude, Sikap Mental Positif

Ya, binatang apa itu?

Sikap mental positif adalah sebuah keadaan jiwa yang percaya diri, jujur, dan membangun, dimana orang membuat dan menjaganya dengan metode yang dipilihnya sendiri, dilakukan dengan kekuatan niatnya sendiri, berdasarkan motivasi yang diadaptasinya sendiri. ~ Napoleon Hill

dan

Sikap Mental Positif adalah pikiran, tindakan, atau reaksi jujur yang benar terhadap situasi atau lingkungan yang dihadapi, misalnya pikiran, aksi dan reaksi yang tidak melawan Hukum Tuhan atau hak sesama manusia, bagi mereka yang memiliki sikap mental positif.

Anda adalah produk dari garis keturunan, lingkungan, tubuh  fisik, pikiran sadar dan bawah sadar, posisi dan arah tertentu dalam ruang dan waktu dan sesuatu yang lain, termasuk kekuatan-kekuatan baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Ketika anda berpikir dengan sikap mental positif, Anda bisa mempengaruhi, menggunakan, mengendalikan dan menyelaraskan, atau menetralkan sebagian atau semua faktor ini . Anda dapat mengarahkan pikiran anda, mengendalikan emosi, dan menentukan tujuan anda. Anda adalah jiwa dengan sebuah tubuh. ~ W. Clement Stone

Thinking smile Entah penerjemahnya yang mbulet atau memang Napoleon Hill dan Clement Stone yg bikin susah, saya sulit sekali mengartikan dua cuplikan di atas. Bagi saya sendiri melihat seperti ini :

  • Mereka berdua setuju itu adalah reaksi atau cara berpikir yg jujur. Kenapa mereka selalu memasukkan jujur ke dalam definisinya? Apakah kita bisa menunjukkan sikap positif yang berpura-pura. Ya, seringkali kita bisa melihat, merasakan, bahkan mungkin mengalami sendiri. Bahwa kita tidak jujur dengan reaksi sebagaimana yg dialami oleh hati kita. Hati kita bicara gelisah, tapi berujar kita tenang.
  • Sikap dan perilaku yang ditimbulkan bahkan dalam tataran pemikiran, adalah sesuatu yang timbul karena diri sendiri, bukan dibuat oleh orang lain. Ini ada dalam pikiran saya karena saya berpikir kita bisa meminta satu tim pencitraan diri untuk membuat kita tampil seperti apa. Tapi itu bukan sikap mental positif karena itu dibuat-buat. bukan berasal dari metode yg dipilih sendiri, dilakukan dengan kekuatan sendiri dan diadaptasi sendiri hingga menjadi perilaku.
  • Perilaku yang kita timbulkan haruslah tidak melawan hukum Tuhan (standar kebenaran universal) dan tidak melanggar hak asasi sesama. Kayaknya cukup jelas
  • Melakukan sikap mental positif membuat yang melakukan merasakan kesuksesan.

Mari kita ringkas. PMA (Positive Mental Attitude) atau Sikap Mental Positif adalah berbuat baik yang disadari, dinikmati dan timbul dari diri sendiri. Saya rasa itu.Smile

dragus.cn, draguscn, other pieces of mine, Dr. Agus CN

Keys to Positive Thinking

imageSaya beli buku ini bersama dengan beberapa buku tentang berpikir positif lainya yang memang saya maksudkan untuk jadi tema bacaan saya setahun ke depan ini. Winking smile

Lumayan buat bahan blogging disini .. Sarcastic smile

Ternyata isinya (baru baca beberapa halaman), ada prakteknya juga ..Sick smile .. bisa ngga nih disharing ..

Sudahlah itu masalah nanti ..  sekarang siapa yang mau sedikit intip apa isinya ini adalah judul-judul tiap bab. Judul tiap bab disusun berdasarkan langkah-langkah yang akan kita lakukan setiap harinya ..

  1. Kuasai Pikiran Anda dengan penuh keyakinan.
  2. Tetapkan Pikiran Anda pada apa yang anda inginkan dan singkirkan dari apa yang tidak anda inginkan.
  3. Terapkan hukum utama
  4. Singkirkan semua pikiran negatif melalui pemeriksaan diri.
  5. Berbahagialah! Buatlah orang lain bahagia.
  6. Bentuklah kebiasaan bertoleransi.
  7. Berikan sugesti positif pada diri sendiri.
  8. Gunakan kekuatan doa
  9. Tetapkan tujuan
  10. pelajari, pikirkan dan rencanakan setiap harinya.

Bahasanya lumayan enak .. kayaknya pas untuk dipelajari sedikit-sedikit dan bikin blogpost-nya .. Syapa tahu juga berguna untuk anda. High five

dragus.cn, other pieces of mine

Saya melewati Sad Moment dengan sukses

depression-and-anxiety1

Ada waktu dimana kehidupan pribadi kita bermasalah, besar atau kecil, riak tersebut pasti pernah kita hadapi dalam kehidupan. Kalau anda belum pernah merasakan, saya yakin anda belum cukup lama hidup hehehe maksudnya masih cukup muda .. Setelah sudah cukup banyak menghadapi gelombang, orang yang survive – saya yakin – justru menikmati berselancar meniti gelombang kesulitan dan keluar dengan sukses. Dan mungkin beberapa akan kehilangan rasa takut terhadap masalah itu lagi.

Saya yakin itu juga salah satu mekanisme yang diterapkan Tuhan untuk menguji umatnya. Pada saat kita sedang mengalami cobaan, kita sedang dalam proses naik tingkat. Pada saat kita sudah naik kelas, tentu saja pelajaran yang sama seharusnya sudah bisa kita lalui dengan lebih mudah. Itu berlaku untuk orang yang belajar. Seringkali kita lama terhenti – tertelan gelombang – karena kita sendiri kelamaan mengasihani diri, sibuk dengan “bagaimana bila?”, merasa bahwa masa lalu, masa sekarang dan masa depan bersekongkol untuk menahan kita di dalam limbo. Teruuuuus tenggelam. Thumbs down

Seringkali pembelajaran itu datang pada saat berduka itu, tinggal seberapa tenang kita untuk melihat “pertolongan” tersebut dan menjadikan diri kita sukses melewati cobaan. Seringkali juga sebenarnya kita sudah dipersiapkan sejak awal. Dan yang paling menarik adalah bahwa perintah untuk kembali kepada Tuhan itu sebenarnya cukup universal. Tuhan dalam pengertian Zat Yang Maha Meliputi, tidak hanya meliputi diri kita namun juga keluarga, teman, benda-benda yang kita kerjakan dan lainnya. Maka kembali kepadaNya adalah menyadari bahwa dalam saat “tidak nyaman” yang sedang kita lewati kita juga sedang dikelilingi Tuhan dalam representasi simbolis di dalam diri teman dekat kita, anggota keluarga yang peduli, pekerjaan yang kita temukan menantang dan memuaskan, hubungan sehat yang memungkinkan kita untuk tumbuh dan berkembang, dan kegiatan–kegiatan yang bisa kita nikmati dan dapat kita temukan cinta di dalamnya. 

Jadi pada saat Anda merasa down dan ingin keluar, inilah yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik lagi :

Alih-alih memfokuskan pada semua yang salah dengan hidup Anda, tuliskan semua kebaikan yang ada pada hidup anda. Semakin banyak anda dapat memikirkan hal-hal yang baik ini, maka semakin banyak anda akan mendapatkannya.Party smile

Katakan pada diri anda “semua ini juga akan berakhir” .. karena memang begitulah sunnatullahnya masalah. Pasti akan berakhir. Yang suka manjang-manjangin masalah itu kan kitanya. Open-mouthed smile 

Sadarilah bahwa ada orang lain yang berada dalam posisi lebih buruk dari Anda, dan bahwa Anda lebih baik dari banyak orang di dunia. Hal ini membuat masalah Anda terlihat sepele dan Anda malu dengan perasaan mengasihani diri sendiri. Lightning

Hal-hal diatas ini membawa sikap positif yang membantu Anda mencari solusi untuk masalah Anda, bukan bermuram durja dan merasa tertekan. Selain itu, hal diatas membantu untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda dan tanggung jawab sehari-hari Anda, dan untuk tetap pada keseharian Anda seperti biasa. Star

Ambil olahraga teratur sebagai cara untuk meningkatkan energi positif dan menghilangkan stres negatif terhadap diri anda. Dan berusaha untuk menjadi proaktif dan memikirkan solusi untuk masalah bukannya bereaksi terhadap mereka dan membiarkan mereka membuat Anda semakin down. Soccer ball

Nah buat anda yang sudah mahir berselancar, maukah anda berbagi jurus anda disini ? Left hug Right hug

dragus.cn, other pieces of mine

Anda termasuk SMS-mania ?

BlackBerry-Onyx-Bold-9700

Sudah berapa lama anda menggunakan handphone? Apakah anda sudah merasa sekarang handphone sudah hampir setara dengan makanan dan pakaian buat sebagian kita? Saya termasuk yang merasakan handphone atau alat komunikasi apapun sudah semestinya masuk dalam kebutuhan primer. Kebutuhan saya untuk berkomunikasi ternyata cukup nyata. Mungkin saya yang mengaburkan batas antara kebutuhan fisik dengan kebutuhan nyaman diantara teman-teman.

Saya merasakan perubahan alat komunikasi sejak jaman erricson yang bisa ditimpukin ke copet dan bikin benjol itu .. sampai sekarang mungkin ada 10 kali saya sudah ganti handphone. Kebanyakan Nokia. Erricson saya pake yang ada ‘tatakan iler’-nya itu .. saya sempat juga pake Motorolla .. ah apa sih itu yang tipis banget waktu itu sejamannya .. sekarang saya pake Onyx, dan berharap RIM cukup patuh aturan biar saya ngga kebelet cepet-cepet ganti gadget lagi.

Text or Talk ?

Mana yang banyak digunakan? Kalo sekarang ya teks tentunya .. soalnya dengan adanya BBM saya ikut 5 group pertemanan, ya otomatis banyak terhubungnya dengan teks. Saya sering melihat bahasa tulisan tidak sepenuhnya bisa mengekspresikan maksud si penulis. Buat yang dah terbiasa chatting di group atau conference pasti pernah terasa ada yang ngga nyambung dengan seseorang, padahal cukup jelas dengan kita.

Begitu pula di SMS. Kadang sudah terkirim baru terpikir kalimat singkat kita bisa disalah-terjemahkan. Yach enak kalo yang membaca teks itu adalah teman-teman yang kenalnya sudah lama. Meskipun tetap ada maaf-maafan kalo kita agak “kasar” becandanya, tapi setidaknya tidak berlarut-larut sampai harus tidak pernah bertegur sapa lagi .. Ya. saya pernah mengalami hal yang buruk juga .. Saya pernah kehilangan teman, hanya karena dia dan keluarganya sama-sama comment di wall facebook saya dan saya mengambil keputusan utk tidak memihak .. eh malah sampai sekarang akses ke dia ditutup. Saya juga pernah berkomentar berseberangan dengan seseorang yang sedang promosi clubnya dan akhirnya sampai sekarang saya ngga pernah ditegur lagi .. hehe saya kira kita bebas saja menyuarakan opini kita. eh kita malah kelamaan di bahasa tekstual ..

Tapi dalam pekerjaan, saya lebih comfort dengan bahasa verbal. Seringkali saya harus meninggalkan tempat tugas dan perawat-perawat UGD sudah menerima pasien sebelum saya datang. Ada kalanya pada saat pertemuan saya minta mereka cuma kirim sms aja. Tapi setelah beberapa kali ternyata malah lebih ngga jelas kalo pake SMS dibanding bicara langsung.

Well, jadi kalo ditanya mana metode komunikasi yang paling disukai? Saya lebih suka verbal dan berhadapan dengan pembicaranya karena lebih bisa melihat sampai ke bahasa tubuhnya. Tapi buat sekedar ngobrol2 yach bahasa tulisanpun tak apalah .. Open-mouthed smile

Kalau anda senang yang mana?

dragus.cn, other pieces of mine