Anda termasuk SMS-mania ?

No comments

BlackBerry-Onyx-Bold-9700

Sudah berapa lama anda menggunakan handphone? Apakah anda sudah merasa sekarang handphone sudah hampir setara dengan makanan dan pakaian buat sebagian kita? Saya termasuk yang merasakan handphone atau alat komunikasi apapun sudah semestinya masuk dalam kebutuhan primer. Kebutuhan saya untuk berkomunikasi ternyata cukup nyata. Mungkin saya yang mengaburkan batas antara kebutuhan fisik dengan kebutuhan nyaman diantara teman-teman.

Saya merasakan perubahan alat komunikasi sejak jaman erricson yang bisa ditimpukin ke copet dan bikin benjol itu .. sampai sekarang mungkin ada 10 kali saya sudah ganti handphone. Kebanyakan Nokia. Erricson saya pake yang ada ‘tatakan iler’-nya itu .. saya sempat juga pake Motorolla .. ah apa sih itu yang tipis banget waktu itu sejamannya .. sekarang saya pake Onyx, dan berharap RIM cukup patuh aturan biar saya ngga kebelet cepet-cepet ganti gadget lagi.

Text or Talk ?

Mana yang banyak digunakan? Kalo sekarang ya teks tentunya .. soalnya dengan adanya BBM saya ikut 5 group pertemanan, ya otomatis banyak terhubungnya dengan teks. Saya sering melihat bahasa tulisan tidak sepenuhnya bisa mengekspresikan maksud si penulis. Buat yang dah terbiasa chatting di group atau conference pasti pernah terasa ada yang ngga nyambung dengan seseorang, padahal cukup jelas dengan kita.

Begitu pula di SMS. Kadang sudah terkirim baru terpikir kalimat singkat kita bisa disalah-terjemahkan. Yach enak kalo yang membaca teks itu adalah teman-teman yang kenalnya sudah lama. Meskipun tetap ada maaf-maafan kalo kita agak “kasar” becandanya, tapi setidaknya tidak berlarut-larut sampai harus tidak pernah bertegur sapa lagi .. Ya. saya pernah mengalami hal yang buruk juga .. Saya pernah kehilangan teman, hanya karena dia dan keluarganya sama-sama comment di wall facebook saya dan saya mengambil keputusan utk tidak memihak .. eh malah sampai sekarang akses ke dia ditutup. Saya juga pernah berkomentar berseberangan dengan seseorang yang sedang promosi clubnya dan akhirnya sampai sekarang saya ngga pernah ditegur lagi .. hehe saya kira kita bebas saja menyuarakan opini kita. eh kita malah kelamaan di bahasa tekstual ..

Tapi dalam pekerjaan, saya lebih comfort dengan bahasa verbal. Seringkali saya harus meninggalkan tempat tugas dan perawat-perawat UGD sudah menerima pasien sebelum saya datang. Ada kalanya pada saat pertemuan saya minta mereka cuma kirim sms aja. Tapi setelah beberapa kali ternyata malah lebih ngga jelas kalo pake SMS dibanding bicara langsung.

Well, jadi kalo ditanya mana metode komunikasi yang paling disukai? Saya lebih suka verbal dan berhadapan dengan pembicaranya karena lebih bisa melihat sampai ke bahasa tubuhnya. Tapi buat sekedar ngobrol2 yach bahasa tulisanpun tak apalah .. Open-mouthed smile

Kalau anda senang yang mana?

dragus.cn, other pieces of mine

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s