7 Kebiasaan Sederhana untuk Mempertajam Pikiran

3 comments

zen

Kebiasaan atau gaya hidup yang sederhana sebenarnya lebih memiliki kemampuan radikal untuk mempertajam cara berpikir kita dan meningkatkan potensi kehidupan kita. Kalau mau sebenarnya kita bisa dengan mudah mengintegrasikan perilaku atau kebiasaan yang sederhana tersebut ke dalam rutinitas hidup kita.

First we form habits, then they form us.
– Rob Gilbert

1. Memberikan tantangan baru kepada pikiran

Ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan baru, berlatih keterampilan baru atau sekedar menyerap informasi baru. Kita terbiasa dengan rasa nyaman berada di lingkungan yang sudah dikenal dan takut berhadapan dengan yang baru. Padahal pikiran kita sangat mampu menyerap informasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang sama sekali asing. Alien

Dalam otak kita suatu perilaku dapat diibaratkan sebagai satu jalan di hutan lebat yang harus diretas, pada saat pertama memang kita seringkali gagal bila bentuknya semacam skill, tapi seiring dengan makin sering dijalani maka jalannya akan berkembang makin lebar. Nah tugas kita adalah memperbanyak percabangan jalan tadi agar pikiran kita bisa terus makin kaya dengan cara-cara baru. Wawasan kita akan makin luas, keterampilan kita makin meningkat dan setidaknya anda akan terhindar dari rasa bosan. Island with a palm tree

2. Perlakukan otak dengan baik

food sleep sport-kid

Pikiran atau otak (sebagai organnya) adalah bagian dari tubuh. Memang secara berat hanya kurang lebih 2% akan tetapi bila dikaitkan dengan penyerapan oksigen misalnya otak mengkonsumsi lebih dari 20%. Otak juga harus terjaga dari defisit glukosa. Pernah dengar hipoglikemik? Pada saat kondisi seperti itu biasanya paling sulit diajak mikir. Sick smile

Berikan bahan bakar yang cukup. Makanan yang sehat. Jaga kadar oksigen darah tetap tinggi dengan olahraga teratur. Dan berikan kesempatan istirahat yang cukup. Beberapa literatur menyatakan tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 4-8 jam sehari. Pikiran yang lelah juga menjadi lingkaran setan mengganggu tidur dan sebaliknya tidur yang tidak cukup akan mengganggu cara berpikir. Sleepy smile

3. Kita hidup sekarang, fokus, perhatikan sekarang !

Semenit yang lalu itu sudah jadi sejarah, semenit kedepan masih angan-angan. Kita hidup di saat sekarang, karenanya fokus ! Kita tidak bisa belajar sesuatu atau mengingat sesuatu yang terjadi sekarang bila pikiran kita terjebak di masa lalu atau masa depan.

Jadi jangan biarkan pikiran anda mengembara terlalu jauh (berpanjang angan), alih-alih tinggal di masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan, berpikirlah dan hiduplah pada saat ini. Sun

 

4. Jika punya rencana, tuliskan.

68017-School_CalendarJika sesuatu membutuhkan perhatian anda di masa depan (rencana), tulislah rencana anda. Untuk jangka pendek. Tulis saja semacam to-do list. Ngga usah memboroskan otak untuk mengingat hal-hal yang perlu anda lakukan besok. Itu akan sangat membuang kesempatan mendapatkan informasi, melatih skill atau mencoba sesuatu yang baru menjadi berkurang.

Saat sekarang ini sudah cukup banyak gadget yang bisa melakukan fungsi office sederhana seperti ini. Mobile phone

5. Dipelajari berulang-ulang.

Seringkali disebut over-learning. Tujuan utamanya adalah meretensi informasi. Bila ia merupakan kegiatan atau praktek, maka lama-kelamaan akan berubah menjadi terampil. Sbgmana disebutkan di point 1., keterampilan baru sama seperti jalan setapak baru. Pertama memang harus sulit. Semakin lama dipelajari akan semakin mudah. dan bahkan kita bisa lebih santai dalam melakukannya.

Terlebih bila kita harus melakukannya dengan sedikit bantuan eksternal, maka kita harus lebih rajin berlatih. Contohnya seorang orator, orator yang baik justru akan mempelajari bahan yang akan disampaikan. Dokter bedah, pianis konser, dan masih banyak profesi lainnya.

6. Membina hubungan baik

Membina hubungan baik dengan orang di sekitar kita. Bahkan mungkin yang lebih bersifat meningkatkan semangat akan mempertajam pikiran. Karena otak manusia yang sedang dalam keadaan stress memikirkan hubungan dengan rekan kerja, keluarga, masyarakat cenderung bekerja tidak optimal.

Manusia adalah makhluk sosial. interaksi rutin yang baik dengan teman-teman dekat dan keluarga akan mengurangi masalah-masalah yang perlu dipikirkan dan akan meningkatkan gairah kerja.

7. Selalu bersikap positif dan selalu dapatkan alasan untuk tersenyum

Semakin sering kita merasa positif akan juga membuat semakin mudah kita melakukan apa yang sedang kita kerjakan. Bila anda menggabungkannya dengan 6 poin di atas efeknya akan berlipat-lipat. Kita sudah sering dengar cerita berpikir dan merasa positif (positive thinking & positive feeling) yang selalu mengawali cerita-cerita sukses.

 

“The way to overcome negative thoughts and destructive emotions is to develop opposing, positive emotions that are stronger and more powerful.”
– Dalai Lama

Akhirul Kalam

Yang paling penting sebenarnya adalah bukan materi dari postingan ini, akan tetapi aplikasi sedikit demi sedikit apa yang sudah kita pelajari di atas. Mulai dari yang paling kecil, mulai dari sekarang. Pilih salah satu yang terasa cocok dengan anda dan lakukanlah .. nanti akan terasa dorongan untuk mengerjakan yang lainnya. Dan akan berubah menjadi kebiasaan. Selamat mempertajam pikiran dan merubah hidup anda menjadi lebih baik.

dragus.cn, other pieces of mine

Advertisements

3 comments on “7 Kebiasaan Sederhana untuk Mempertajam Pikiran”

  1. mantap dok, sangat bermanfaat, tapi kalo kita berfikir negatif, emang pengaruh gitu? bukannya semakin banyak berfikir, mau pun positif maupun negatif sama2 mempertajam daya analisis ya? 😀 hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s