Dream a Big Dream

4 comments

putuputrayasaDi bawah ini saya tuliskan #kultwit berseri dari @Putuputrayasa, seorang Peraih MURI pendiri Perguruan Tinggi Termuda di usia 26 Tahun; Licensed Practitioner of NLP,USA. Trainer, Coach dan penulis buku Desain Ulang Hidup Anda. http://www.desainulang.com .

21 Secret to be Self Made Millionaire
by Brian Tracy

Brian Tracy, seorang yang saya Modelling “Amati, Tiru dan Modifikasi” kehidupannya. Banyak kemiripan, sehingga ia begitu berkesan bagi saya. Seperti jg saya, Brian Tracy, mengalami masa2 pahit kehidupan, di masa kemiskinan. Pernah jadi Pencuci Piring, demi bisa makan. Ia pernah jadi penggali sumur, dia cerita, bekerja dari tanah ke bawah bukan ke atas. Ketika anda berhasil, berarti anda gagal. Maksudnya, ketika anda menemukan air, mereka akan memecat Anda. “Ini bukan sistem insentif yang baik” ujarnya meledek diri.

Karena Brian Tracy, tdk punya Ijazah SMA, maka ia terpaksa mengerjakan apa saja yang bisa dikerjakan, demi “makan”. Ia jg pernah bekerja sbgi buruh kontruksi, memungut mur dan baut 8 jam sehari. Dia jg bekerja jadi buruh pendayung di kapal. Sobat, sembari mengetik Kultwit ini, mata saya berkaca-kaca, saya terkenang, kehidupan kecil saya. Banyak miripnya dg Brian Tracy. Saya terkenang, ketika Tamat SMP, saya ambil kursus montir di Lampung, karena Ortu nggak sanggup, lanjutkan ke SMA. Agar dpt makan Gratis, yang sgt membantu saya ketika itu, saya mencuci piring2, ratusan org disana, menimba air dan Buruh Kontruksi. Saya harus berjuang melawan malaria, karena saya tidur dilantai, dg makan hasil belas kasihan org lain, menyapu halaman, apa aja .

Sebagian anda, mungkin heran, kok bisa Raih MURI pendiri perguruan tinggi termuda? Kepedihan itulah yang membuat saya berjuang yang sudah membaca buku saya “Kaya dan Bahagia Modal Ngobrol” dan “Desain Ulang Hidup Anda” mungkin sudah baca sebagian kisahnya. Seperti Brian Tracy yang pernah kerja sbgi petani, saya pun demikian. Menjadi penyadap karet dan bekerja di ladang, beternak dll

Itulah momentum saya memulai, menerapkan Prinsip pertama “Self Made Millionare” yang diajarkan Brian Tracy, 18 Tahun lalu, 1992

DREAM A BIG DREAM

dream-big

Secret #1 Dream a Big Dream, Mimpikan sebuah MIMPI yg besar.  Kelihatannya sederhana, hanya masalah MIMPI, bukan rahasia lagi bukan? Saking sederhananya, mungkin anda anggap Remeh  Atau, bbrp di antara anda, bahkan tdk sungguh-sungguh percaya. Bahwa apa yg anda MIMPIKAN, bisa jadi kenyataan “Mumpung Mimpi Gratis, yg besar sekalian aja, knapa yg kecil2?” Anda pernah dengar kata2 itu? Itu Rahasia Pertama loh…

Mimpi tdk boleh hanya MIMPI, Brian Tracy, kasi kata kunci yg bagus utk itu “Clarity is Power” yg ia tulis dlm bukunya. Kalau Mimpi anda blm tercapai hingga hari ini, tanya “Seberapa Jelas MIMPI anda?” Sdhkah anda, memperjelas, setiap detil? Th 1992, saya sdg berpeluh di terik matahari, dengan cangkul di tangan saya, di ladang, sendirian kepedihan hidup saya. Saya tdk nyaman dgn kehidupan saya, teman2 saya msh sekolah, karena itu jam 11 siang, saya mencangkul utk kebun cabe yg saya rencanakan

“Ortu saya, tdk punya biaya, utk pendidikan saya dan adik-adik, itulah kepedihan yg sdg membebani saya ketika itu”

“Kemiskinan ini, tdk boleh saya wariskan ke anak Cucu, saya harus berubah, saya harus berusaha keras utk itu”

saya harus mencari cara, keluar dari kemiskinan saya, “Saya Harus jadi Org Kaya, agar anak-anak saya bisa sekolah”. “Sgt jelas” dlm pikiran saya, anak-anak saya bangga, bisa sekolah dimana saja yg mereka mau. Saya menuliskannya dlm diary saya. Beberapa bulan dari sana, di tengah hujan lebat, saya berburu sekolah, tanpa sepengetahuan ortu saya. Hari pendaftaran telah lewat. Ditertawakan di beberapa sekolah, karena sdh ditutup beberapa hari. Saya pergi ke rumah kepala sekolah, menunggu berjam2, ditolak juga.

“Smakin ditertawakan, smakin ditolak, Tekad saya semakin kuat, karena itu artinya, anak2 saya tdk boleh mengalami ini semua”

Akhirnya, saya daftar di sekolah Swasta, saya ceritakan keadaan keuangan keluarga kami, Puji Tuhan, saya dibebaskan dari semua biaya. Saya Bersyukur pd Tuhan, berterimakasih pada Pemilik Sekolah atas kebaikan2nya. Hari Pertama sekolah, momen penting buat saya. Saya melihat sosok pemilik sekolah, kebaikan, kemurahan hatinya, menginspirasi saya. saya tetapkan niat saya “saya Harus Punya Sekolah”

17 Juli 1993, saya katakan ke Ayah saya ” Pak, kalo saya Punya sekolah, anak2 saya gak susah sekolah ya pak? saya mau itu”. Ayah saya menyetujui dan mendukung MIMPI GILA itu. Selanjutnya, Ayah adalah partner diskusi yg menggairahkan mengenai MIMPI ini. Saya menuliskan di Diary saya, saya menceritakan semua kemajuan saya “untuk Meraih MIMPI” saya itu pd Ayah utk diskusi.

“Sejak saat itu, saya satu-satunya murid di sekolah itu, dg mental sebagai “Pemilik Sekolah” tsb. Dengan Kemampuan belajar “Autodidak” yg saya kembangkan sejak mengajar di Kelas 5 SD, saya belajar materi kelas 3 dan mengajar. Saya mengajar mtk, fisika dan bahasa inggris, utk kakak kelas 3, sbg persiapan Ujian, menyegarkan ingatan mereka materi kelas 1. saya buat Study Club, utk kelas 1, 2 dan 3 utk 3 materi yg jadi kelemahan sekolah tersebut. Langsung saja, saya diberi biaya utk kursus, saya buat Team, utk mengharumkan nama sekolah, “Team Cepat Tepat TVRI” saya buat dan Pimpin, didukung penuh sekolah.

Ini jg yg membuat sekolah saya, muncul di TVRI berkali2, dan menang dari Sekolah2 Favorit di SUMSEL. Heboh besar terjadi. Penerimaan siswa baru, naik dari 6 kelas, jadi 11 kelas tahun tsb. saya Jadi Pahlawan di sekolah itu. Saya pribadi merasa “Satu keahlian mengelola Sekolah” berhasil saya pelajari, utk mendekatkan diri saya pada MIMPI, Saya melatih Selling Skill (Menjual Ide dan gagasan), saya belajar Negosiasi (dg guru2), saya belajar leadership (dg Team). Saya mengajar, ini sgt menggairahkan dan membanggakan saya, pekerjaan paling “MENGGAIRAHKAN” adlh mengajar (PASSION)

“MIMPI yg paling mudah utk diwujudkan adlh yg kita kerjakan dg GAIRAH TERBESAR yg kita punya” ini rahasia meraih MIMPI. Ketika saya memulai MIMPI, saya bisa merasakan dg penuh EMOSI (bangga, senang, bahagia), gambar yg jelas & manfaat bagi org banyak.

“saya Hidup sepenuhnya dlm MIMPI itu, saya membaca, makan, belajar, berlatih dan bekerja keras demi MIMPI itu”

Menjelang Tidur, saya bisa membayangkan dg jelas, MIMPI saya, saya bisa melihat, dengar dan rasakan detailnya. Bahkan saya sempat hampir bekerja sama, buat kursus bahasa inggris, ketika saya kelas 3 SMA, utk merintis, sblm jadi sekolah. Ketika Kuliah, saya membawa Mimpi itu, saya lakukan apa saja, utk meraih MIMPI itu, semakin dekat dan jelas dari hari ke hari. Itulah yg mengantarkan, sblm usia 26 Thn, Kampus saya telah diresmikan oleh Pemerintah daerah Setempat, 17 Juli 2002. Keterlibatan diri sepenuhnya dan Kemurahan Tuhan, membuat MIMPI saya, 9 Thn tepat, menjadi kenyataan

Maaf jika anda merasa kepanjangan, itu semua utk memberi paradigma kpd anda

“Kejelasan MIMPI adlh KEKUATAN”

“Kesabaran untuk berproses meraih MIMPI adalah kunci utama”

“Ketabahan, Determinasi, Hasrat yg kuat adlh Benteng pertahanan anda dari serbuan ejekan, hinaan, ketidak percayaan org lain”

“Org lain boleh tidak percaya dengan MIMPI anda, tapi anda harus percaya dengan sepenuh hati, emosi dan jiwa anda”

“Saya percaya, sepanjang pikiran kita bisa memikirkannya, hati kita bisa meyakininya, maka itu bisa diwujudkan”

Pelajaran terpenting diatas saya belajar dari salah seorang penasehat presiden USA, Napoleon Hill, 15 Tahun lalu,  Tugas kita sekarang adlh, membuat mimpi yang bisa dipikirkan oleh Otak dan diyakini oleh HATI…. Hambatan utama dlm meraih MIMPI adlh “Tidak selarasnya HATI dengan PIKIRAN” shg kita jadi NO ACTION TALK ONLY.

Sementara ngetik ini, Brian Tracy bicara “Coba imaginasikan, seandainya tdk ada yg membatasi apa, anda ingin seperti apa?”. Seandainya anda miliki semua sumberdaya untuk sukses, semua ide, semua teman dan keahlian utk membantu anda, apa MIMPI anda? Ijinkan diri anda, untuk BERMIMPI. jika anda tidak mungkin gagal, apa yg anda inginkan? brp bnyk uang yg anda hasilkan? Rumah seperti apa yg anda ingin huni, kendaraan seperti apa yg anda punya? perjalanan seperti apa yg anda nikmati? Gaya hidup seperti apa yg anda punya? penghargaan seperti apa yg anda dptkan dari teman2 anda? siapa sahabat2 terdekat anda?

Brian Tracy, menyebut teknik ini, sebagai “Back From the Future” teknik, tools yg sgt efektif untuk hidup sukses dan bahagia.

Apa yg anda ingin ubah dlm hidup anda? anda ingin tampil seperti apa? apa yg anda hilangkan dari hidup anda? Siapa org2 yg ingin anda bantu, ketika anda telah meraih semua MIMPI itu?

BERMIMPI, menyebabkan anda lebih menghargai diri sendiri (Self Esteem), meningkatkan citra diri anda (Self Image). BERMIMPI, membuat anda bertumbuh setiap hari. berusahalah terus, memenuhi syarat-syarat MIMPI anda tercapai. Semakin jelas anda membuat “VISI yg Jelas” semakin cepat anda meraih kesehatan, kesejahteraan dan kebahagiaan anda.

TIPS

Baiklah Sobat, semua KULTWIT ini, akan bermanfaat jika anda langsung TAKE ACTION, ambil kertas dan pena, tulis 30 MIMPI anda. Dari 30 MIMPI itu, mana yg bisa mewujudkan MIMPI yg lainnya…mana yg paling melibatkan EMOSI anda, mana yg paling penting? Teruslah memperjelasnya, mana yg paling ingin anda wujudkan … saya mencapai MIMPI saya, setelah puluhan kali menuliskannya.

Selamat Take ACTION, secret #1, Dream a Big Dream. No ACTION, Nothing Happen. TAKE ACTION, MIRACLE HAPPEN. Semoga Kultwit pagi ini bermanfaat ya…, Senang berbagi dg Anda, Sahabat2 baru saya. Mari sama2 Meraih MIMPI dalam Hidup ini. Maaf, jika ada yg tdk berkenan, Tuhan memberkati anda dan Keluarga, Amiin, Jika bermanfaat, bsk kita lanjut, Sampai jumpa…

=====

79 Tweet ini adalah bagian pertama dari serial tulisan dari @putuputrayasa tentang 21 Secret to be Self Made Millionaire. Sampai posting ini diturunkan sudah sampai secret #8

Sampai Ketemu di Serial Selanjutnya.

[draguscn]
Twitter : @draguscn

Advertisements

4 comments on “Dream a Big Dream”

  1. Iya sih pak dokter, tapi kadang yang namanya semangat itu fluktuatif… ngga bisa stagnant dari hari ke hari, keyakinan akan “mimpi” pun terkadang juga begitu.
    Jadi inget kata mtgw kemaren : “ngga mungkin kita ngantuk dalam keadaan berlari kencang”
    eh btw, kadang masih saru antara “mimpi” dengan mimpi, nah akhir-akhir ini saya sering mimpi pacaran dengan temen kantor, gimana tuh mbah agus? hahahaaa *lha kok malah konsultasi tabir*

    1. Pada saat kita mulai menyadari mimpi kita seharusnya bagaimana Ndri, ngga masalah kita memulai dari yang sama sekali tak bisa kita yakini tapi sangat kita idamkan. Itu jauh akan lebih menimbulkan semangat daripada kita tahu bagaimana mendapatkannya tapi kita tidak punya “rasa” untuk menggapainya.
      #eh .. mimpi dengan teman sekantornya mimpi apa “mimpi”? hihihi

  2. kemaren gw mimpi jadi orang kaya.enak banget rasanya.truss sampe sekarang gw gak kaya2.cuman baru akan kaya.gmana nich

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s