Saya pernah membakar Qur’an

9 comments

Beberapa hari kemaren sempat marak dengan rencana pembakaran qur’an besar-besaran yang akan dilakukan oleh seorang pastor dari Amerika Serikat. Untunglah batal atas desakan banyak pihak, termasuk kecaman dari Presiden SBY. Sangat disayangkan kalau masih ada yang punya sikap provokatif seperti ini dalam beragama.

Kalo besar-besaran sih kan jelas memang mau mancing-mancing kemarahan ummat. Tapi saya pernah juga membakar qur’an. Pada waktu itu kami bebersih rumah dan ketemu qur’an yang sudah lama tidak diapa-apakan. Kalau anda ingat qur’an2 terbitan dulu pake kertas buram, dan mudah sekali dimakan rayap. Mau dibuang ke tempat sampah rasanya lebih salah, disedekahkan orang sudah ngga bisa membaca dengan benar lagi karena bolong-bolong. Disimpan sampai lapuk juga rasanya lebih tidak hormat. Dan setelah tanya sama guru saya memang dibakar yang lebih pas. Akhirnya sayapun pernah mengalami membakar Qur’an.

Dulu sekali ada yang mengajari juga, bahwa qur’an adalah mukjizat yang masih tersisa adalah benar. Tapi juga harus punya sikap yang benar terhadapnya. Qur’an adalah petunjuk. Jadi berfungsi menunjuk. Jangan berhenti sampai petunjuk saja, jalani jalan yg ditunjuk. Maka akan sampai pada Kebenaran yg hakiki. Seandainya petunjuk ini merupakan barang langka, seperti peta harta karun yang diperebutkan bajak laut di cerita-cerita itu. Maka saya juga pasti akan duongkol dengan pak pastor itu. Tapi sekarang Qur’an diproduksi massal. Bahkan ngga pake kertas buram seperti dulu (ada juga sih yg masih) .. Sampe ada qur’an untuk anak kecil. Saya pikir tadi ada kiat khusus untuk anak bisa belajar kandungan alQur’an. ternyata cuma berbeda dari page border. Dihias dengan gambar-gambar untuk menyenangkan mata melihat.

Quran sudah janjiNya akan dipeliharakan. Jadi tingkah laku memprovokasi seperti yg saya sebutkan diatas sebenarnya tidak punya makna apa-apa selain mubazir dan itu merugikan dirinya sendiri. Di seluruh dunia sudah banyak percetakan dan akan terus memproduksi. Bahkan dengan cetakan yang lebih bagus lagi. Belum lagi yang beredar digital.

The Miracle

100_3826 Beberapa hari sebelum acara bakar-bakar diatas ramai diberitakan, saya jalan-jalan ke toko buku dan memang berniat mau mencari al-Qur’an yang agak gede-gede tulisannya. Waktu pulang dari tanah suci dulu bawa beberapa Qur’an yang besar-besar, tapi berhubung banyak punya kerabat yang lebih sulit membaca hurup kecil-kecil saya hadiahkan untuk mereka. Akhirnya sampai juga giliran saya untuk sulit membaca yang kecil-kecil 😀

Yang menarik adalah karena ternyata banyak sekali Qur’an cetakan baru, dengan berbagai ragam mushaf, beraneka tambahan-tambahan seperti terjemah, terjemah perkata dll. Jatuhlah pilihan saya kepada Syaamil al Quran. The Miracle 15 in 1. Dibanding yang lain ini yang paling lengkap dari ekstranya dan memenuhi keinginan saya karena hurupnya dah lumayan gede-gede. Cuma yg ini bawanya juga agak berat. Isinya yg 15 jadi 1 itu adalah :

  1. Al-Qur’an terjemah per kata
  2. Terjemah Departemen Agama
  3. Tajwid Sistem Quantum Reading Qur’an
  4. Panduan Hukum Tajwid
  5. VCD Tutorial Sistem QRQ
  6. Tafsir Al Muyassar
  7. Asbabunnuzul
  8. Doa-doa dalam Al-Quran
  9. Mukjizat Al-Quran dan Saqafah Islamiyah
  10. Indeks Al-Quran alfabetik
  11. Atlas Al-Qur’an
  12. Kisah Para Nabi dalam Al-Quran
  13. Zikir Al Ma’surat
  14. Intisari Ayat
  15. Links to related Articles

100_3827 100_3828

Dipadu dengan warna-warni menjadikan bacaan ini benar-benar sekarang sudah tidak perlu bongkar buku ini itu untuk mencari hal-hal terkaitnya. Sudah banyak yang terkait di dalamnya jadi satu komprehensif. ‘1370 halaman. Terbitan PT Sygma Examedia Arkanleema Recommended!

[draguscn]

Advertisements

9 comments on “Saya pernah membakar Qur’an”

  1. keren…pengen beli ah
    Kalo terjemah perkata lebih detil tafsir al mishbahnya qurais shihab kali ya

    1. bagus kok Lyn .. yach gua juga suka baca al Mishbah .. tapi ngga langsung jadi satu buku. Ini komplit tapi juga berat .. hehehe ..

  2. [update]
    Lho .. ternyata bakar-bakarnya jadi .. dan cuma dua qur’an .. duh ngga modal banget .. harga pertukarannya begitu besar .. sudah kebayang ada yang nyiapin assasin buat menghakimi mereka. Ckckck .. sudah pak SBY .. jangan ditanggapi lagi .. nanti malah bapak dikira pencitraan lagi .. wekekeke..

    1. 240rb .. Saya dapat potongan harga waktu beli sebanyak 20% harga aslinya ada di situs (link paling bawah itu) kalo ngga keliru inget 299rb. Gramed juga kemaren potongan harga. Tapi sy ngga tahu apa syamilal quran juga discount.

    1. Hiyya .. Jadi kalo cuma bakar dua sih jelas kurang ngefek maksud saya .. Hanya orang sekelas mereka saja yg mudah terpancing .. Hihi

  3. wah..bener pak…kalau memang alquran itu usang dan terputus-putus halamannya lebih baik di bakar dari pada berserakan di tempat lain..
    Hm..itu alqur’annya waktu islamic book fair saya pernah jualinnya loh pak.. 😀 hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s