Bagaimana cara mempengaruhi ?

12 comments

Persuasi adalah cara untuk menanamkan pemikiran dan kesan kepada seseorang dengan maksud menimbulkan reaksi yang diharapkan. Definisi lain menyebutkan cara berkomunikasi untuk menanamkan kepercayaan.

Persuasi atau mempengaruhi orang lain sekarang banyak dipelajari karena makin berkembangnya metode pemasaran.

Robert B. Cialdini, dalam bukunya yang terkenal di dunia marketing Influence : The Psychology of Persuasion menyebutkan ada 6 senjata pengaruh yang bisa digunakan untuk menimbulkan pengaruh terhadap seseorang.

  1. Reciprocation. Balas jasa, atau dalam terminologi negatifnya bisa balas dendam. Orang cenderung terdorong untuk membalas pemberian seseorang. Hal ini berlaku juga dengan konotasi negatif, orang cenderung akan membalas perbuatan jahat di masa lampau. Konsep ini sangat terkenal di dunia marketing, contoh nyatanya adalah pembagian free sample, kegiatan amal dll.
  2. Commitment and consistency. Jika orang melakukan komitmen baik lisan maupun dalam tulisan, mereka cenderung ingin memenuhinya. Selanjutnya, orang akan cenderung tetap konsisten dengan perilaku ini. Terkadang pada saat motivasi mereka untuk komitmen ini sudah tidak ada.
  3. Social Proof. Orang akan melakukan apa yang dilakukan orang lain. Semacam trend. Kita cenderung untuk ikut.
  4. Authority. Kekuasaan, tentu saja ini punya pengaruh tertentu. Biasanya figur yang berkuasa, akan mudah mempunyai pengaruh untuk ditaati.
  5. Liking. Rasa suka, orang yang kita sukai akan lebih mudah kita ikuti. Akan lebih mudah mempengaruhi perilaku kita.
  6. Scarcity. Langka, jarang terjadi, biasanya mempengaruhi kita mendesak untuk melakukan sesuatu. Misalnya tawaran discount dll.

Nah dengan 6 senjata ini, dan tidak harus semuanya tentu saja, kita bisa memberikan pengaruh tertentu pada seseorang. Tentu saja pengaruh tidak berjalan linier sebagaimana yang diharapkan. Kita mungkin bisa melihat perilaku kelompok yang cenderung sama tapi pengaruh terhadap masing-masing pribadi sangat berlainan.

Faktor internal orang yang menangkap pengaruh juga akan menjadikan langkah seseorang dalam menyikapi pengaruh tadi tidak sama. Ary Ginanjar Agustian – pengarang buku ESQ – membuat daftar yang bagus tentang faktor-faktor internal yang bisa mempengaruhi bagaimana seseorang melihat kondisi dan menyikapi hal tertentu. Hal-hal tersebut antara lain adalah :

  1. Prasangka. Baik dan buruk suatu prasangka akan mempengaruhi pola pikir, sikap dan akhrnya perilaku atau tindakan yang kita ambil.
  2. Prinsip-prinsip hidup. Apakah itu merupakan pencerahan sendiri ataupun merupakan replikasi dari contoh-contoh tertentu, biasanya akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana seorang
  3. Pengalaman. Orang-orangtua di organisasi biasanya lebih sering berkata “dulu kita akan begini” atau “yang lalu biasanya begini” pada saat ada perubahan.
  4. Kepentingan dan Prioritas. Kebutuhan seseorang akan sesuatu, terutama yang mendesak untuk didapatkannya akan sangat mempengaruhi bagaimana dia bertindak.
  5. Sudut Pandang. Kadang-kadang satu hal bisa tidak sama dilihat dari berbagai sudut pandang. Tergantung bagaimana, dimana, kondisi tertentu kita melihat suatu perilaku akan mempengaruhi bagaimana suatu kejadian kita interpretasikan.
  6. Pembanding. Seorang dengan tinggi badan 165cm bisa disebut pendek bila berada di sebelah orang yang tingginya 185. Tapi di sebelah orang-orang yang tingginya 135 dia akan terlihat jangkung. 🙂
  7. Literatur. Pengetahuan dan bahan bacaan sangat mempengaruhi bagaimana kita bisa terekspos oleh hal lain.

Nah bagaimana kita bisa menerapkan senjata-senjata dan melihat faktor-faktor yang mungkin dianut atau dimiliki oleh seseorang, sekelompok atau dalam suatu organisasi akan sangat menentukan bagaimana kita bisa memberikan pengaruh dan membuat orang lain bertindak lebih sesuai dengan yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat.

post ini dibuat dengan windows live writer ® yg dapat anda temukan di blog pom | hkn | idi | pkm

Advertisements

12 comments on “Bagaimana cara mempengaruhi ?”

  1. wah dah ada internal dan ada eksternal.. tapi yang lagi in emang trend om.. orang lebih cenderung untuk ikut… yuk kita bikin trend kebun organik 😀

    1. hehehehe .. kalo orang makin banyak bicara tentang Gizi Buruk misalnya dan kemudian kebun organik teryata makin nyata merupakan solusi .. pasti akan mempengaruhi banyak orang … mo jadi trendsetter pandi?

    1. bisa! dengan prinsip reciprocation .. berikan hasil ujian yang baik dan sikap yang baik selama pengajaran .. kayaknya dosennya segera terpengaruh untuk memberikan nilai yang baik .. hihihi

  2. Sebelum mempengaruhi kita sendiri harus punya modal apakah sikapnya bisa mempengaruhi ? dalam arti kata bahwa untuk memberikan daya ( force ) kepada kata-kata kita harus integritas, ada kesesuaian antara yang diucapkan dan dilakukan selain itu memberikan wibawa pada performance tentu harus memberikan penampilan yang baik, ketika kita telah melengkapi modal tersebut kita dapat dengan mudah untuk mempengaruhi orang lain, Terima kasih tulisan yang bagus, Sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

  3. Selamat sore drag, maaf saya seorang PNS, dan bukan caleg, tulisan yang saya buat disesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi di Daerah saya ( Kalteng ) dan di Kalteng yang mencuat adalah gambar yang saya pasang pada Blog saya yaitu 28, dan ketika dengar pendapat kata-kata yang dapat diserap adalah masih menginginkan 28 memimpin Kalteng, demikian drag, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    1. Hehehe .. iya, bu ..
      Saya salut ibu masih punya waktu blogwalking padahal kesibukan tingkat propinsi tentunya lebih padat. Banyak kah Narkoba disana .. saya baru saja mengikuti pelatihan PKPR .. banyak berkaitan dengan remaja pengguna narkoba mungkin nanti akan saya buat post tentang itu ..
      Punya pengalaman melanglang di bidang2 tingkat propinsi pasti sangat mencerahkan bu ya .. saya mesti banyak meguru ini ..
      Terus berkarya bu .. Salam..

  4. bagai mana caranya untuk mempengaruhi seseorang supaya dia ketergantungan sama kita!
    jadi bukan kita yang ketergantungan dengan orang lain!
    dan bagai mana cara mempengaruhi sesorang supaya dia mempunyai perasaan sayang sama kita!
    thanks yahhhhh!
    tolong di reply,and kasih saran yang tepat!

  5. memang betul ada beberapa hukum pengaruh..
    dan yg paling super dan terbaru adalah law of persuasion.

    bisa anda lihat di uangsuper.com

    salah satu ilmu, hukum persuasi atau teknik yg bisa anda pelajari di uangsuper.com adalah

    “orang akan cenderung menolak sesuatu yang sudah sering dilihat, atau didengarnya”

    misal: pernahkah anda melihat iklan macam ini?
    cara dapat $7000 dalam sebulan, klik disini!

    pada awalnya mungkin anda akan terpengaruh oleh iklan tersebut, namun semakin sering anda melihat iklan tersebut maka secara tidak sadar otak anda akan
    mengabaikan semua iklan seperti itu,

    karena anda mulai mengetahui bahwa iklan macam itu adalah omong kosong belaka.

    salam super..
    mari belajar lewbih dalam berbagai ilmu pengetahuan mulai dari cara terampuh memikat calon kekasih, cara berbisnis internet yg baik dan halal, cara mempengaruhi orang lain, membuat dia terkesima, dll

    semua sumber ilmu itu hanya ada di uangsuper.com yang ditulis langsung oleh seorang pemikir cerdas dan prakticioner dari Loa dan nlp
    yaitu Farhan F

    jika anda menemukan ilmu dan tips tersebut ditempat lain, maka sumber utama adalah http://uangsuper.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s