Ber-Nostalgia ternyata menyenangkan juga ..

7 comments

Mengenang masa lalu bersama beberapa orang sahabat yang memang sudah sejak lama hadir dalam kehidupan memang ternyata berdampak positif. Ada perasaan sentimentil, ingatan-ingatan hidup kembali dan kayak api yang menyalakan lilin yang makin lama makin banyak maka peristiwa-peristiwa lain pun ikut hadir dalam ingatan.

Sebagai seorang yang concern dengan perkembangan di dalam otak, saya merasa bagian dari mengenang sesuatu di masa lalu ini ternyata bermanfaat menegaskan jaras-jaras yang lama tidak dijalani di dalam otak. Mencoba mengingat sesuatu ternyata berdampak tergalinya beberapa ingatan tambahan. Ini membuktkan bahwa sebenarnya Brain Map itu benar adanya.

memoryTanpa sengaja kita sering menghubungkan sesuatu dengan penanda. Dan biasanya Penanda tersebut berkaitan lagi dengan hal lain, demikian seterusnya sehingga akhirnya ingatan akan terpulihkan bila jaras yang jadi penanda tadi dijalani lagi.

Bahkan perasaannya pun kembali .. ah coba sajalah .. ingatkan masa dimana kita sedang senang .. kalo perlu ada visualisasi berupa gambar atau benda yg berarti .. pasti akan ada perasaan-perasaan yg mirip2 dengan yang kita alami di masa lalu ..

Sayangnya masa lalu sebagaimana disebutkan teman-teman dalam diskusi singkat di Plurk.com juga tidak melulu menyenangkan dan mengingatnya juga pasti akan membangkitkan perasaan-perasaan yang terkait dengan perasaan itu.

Jadi bagaimana? Apakah sebaiknya kita tidak mengenang masa lalu yang tidak enak? Bukankah dengan berusaha tidak mengenang justru kenangan tersebut dimasukkan dalam alam bawah sadar dan terus bereaksi tanpa kita merasa mengenang? Ini sering terjadi pada penderita Gastritis Kronis.

Disinilah letak pentingnya menata ulang lagi memori memori masa lampau .. Bagaimana itu ?

Mengenang meskipun adalah kegiatan yang sehat namun harus disertai kemampuan mengolah ingatan dan perasaan yang menyertainya. Sebuah ingatan yang manis mungkin akan lebih mudah dimenej. Namun demikian sebagaimana halnya kenangan buruk, kenangan manis yang menghasilkan endorfin (morfin alami dalam badan) yang menjadikan kita merasa senang juga berakibat jelek bila kita stagnasi disana. Dalam pelajaran psikologi klinis, disinilah letak perlunya seorang psikolog. Psikolog klinis akan menjadi tempat curhat yang tepat karena sebagaimana seorang dokter, ia juga memegang sumpah untuk tidak membeberkan rahasia pasiennya.

Jadi curhat penting dalam menata memori. Kebiasaan yang sekarang ada, memori yang dikonsultasikan adalah memori yang tidak terlalu lama, misalnya karena baru saja terlibat masalah suami isteri, baru saja mendapatkan musibah kematian orangtua dst dst. Memori masa lampau jarang ditata dengan baik. Padahal bukan mustahil, sesuatu dari masa lampau menghantui kita hingga saat ini.

Bagaimana menurut anda?

—–

Daftar bacaan.

Advertisements

7 comments on “Ber-Nostalgia ternyata menyenangkan juga ..”

  1. wah dok. again & again.. ttg psikologi lagi.. aku setuju banget dengan yang ini

    Bukankah dengan berusaha tidak mengenang justru kenangan tersebut dimasukkan dalam alam bawah sadar dan terus bereaksi tanpa kita merasa mengenang?

    ni juga yang aku pelajari. 🙂

    jadi, ketika kita mengingat masa lalu yang tak enak, jangan terus menerus diingat *walaupun secara tak sadar* karna akan semakin masuk dalam pikiran kita.. ya kira2 gtu deh :mrgreen: *maaf kalo salah, hehe*

    1. Halo adek kelas .. angkatan 91 yach .. angkatannya Rini Febrina kan yach .. betul .. segala sesuatu memang baik untuk dipelihara keberadaannya selama tidak menimbulkan mudharat.
      Kenangan manis bisa berbahaya kalau kita terlalu lama tenggelam di dalamnya. Sebaliknya kenangan buruk bisa berdampak baik bila kita tahu cara menyikapi dan mengambil pelajaran dari kenangan itu .. saya rasa gitu ..

  2. hm, aku jg tertarik sama masalah tidak mengenang itu…

    kayaknya sepelupa apapun seseorang, yg namanya kenangan “pait” tetep ga bisa dilupain deh…tetep ga bisa ilang sendiri..ya kecuali bener2 lupa ingatan sih yaps 😀

    let the past be the past, and take it for granted kali yaps 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s