Apa kita sudah KAYA?

No comments

rich dad poor dadMenurut Robert T. Kiyosaki, pengarang buku ini, orang sudah bisa digolongkan  kaya  apabila sudah punya passive income melebihi besarnya kebutuhan pengeluarannya.

Kenapa dalam keadaan tersebut sudah bisa disebut kaya? Karena bila hasil investasi sudah bisa mencukupi pengeluaran, pada saat ada kendala terhadap pekerjaan (cuti, PHK, cacat dan hal-hal negatif lainnya) tidak akan menjadi jatuh miskin. Selain itu bila pengeluaran sudah bisa mengandalkan hasil investasi atau passive income, maka hasil kerja (gaji, upah, insentif dll) – active income -bisa digunakan untuk meningkatkan investasi kembali (menabung, didepositokan dan lain-lainnya). Secara konsisten penghasilan dari bekerja aktif akan terus terakumulasi. 

Sebaliknya, seorang yang setiap bulannya membelanjakan uang lebih besar daripada penghasilan yang diperoleh, dan tidak memiliki penghasilan lain perlahan-lahan akan terjerumus dalam jebakan kemiskinan.

Dasar dari orang yang sukses seperti ilustrasi kita yang pertama adalah perubahan mendasar pada mindset dan prilaku. Untuk meningkatkan income perlu restrukturisasi pemanfaatan waktu dan pengelolaan keuangan yang benar. Pemborosan waktu dan uang harus dihentikan dan digantikan dengan pemanfaatan waktu dan uang secara optimal sehingga menjadi aset produktif. Pada gilirannya akan mempercepat pencapaian kesuksesan kebebasan finansial.

Menjadi sukses adalah hak pribadi kita masing-masing. Kita sendiri yang menentukan masa depan kita, bukan orang lain. Sedikit banyaknya dalam diri kita ada jiwa enterpreneur, mulailah dari sini. Kewirausahaan apa yang bisa membawa kita untuk sukses. Mulailah ini, meskipun kecil. Sudah sering kita mendengar ada tukang becak yang sekarang sukses menjadi juragan misalnya. Berarti untuk sukses bukan berada anda dimana sekarang, tapi kemana anda mau menuju itulah hakekatnya sukses.

Jadi kalo kita tanya ulang apakah kita sudah kaya ?

  • Apakah WAKTU, kita manfaatkan untuk bekerja, berkumpul dengan keluarga, menambah kemampuan personal, dan masih menyisakan untuk kita beristirahat?
  • Apakah UANG sudah bekerja untuk kita dan bukan sebaliknya?
  • Apakah manfaat dari 2 hal diatas bisa dirasakan oleh orang lain?

Menurut saya bila kita menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan YA, Sukses dalam artian financial freedom sudah tercapai. Ada tambahan teman-teman?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s