Ide dasar 88 aksi melawan kemiskinan

20 comments

Di site.blogactionday.org ada 88 cara untuk melakukan sesuatu melawan kemiskinan. Ide dasar yang bisa saya tangkap dari 88 cara ini antara lain adalah :

  1. Rasakan kehidupan orang miskin. Cobalah berpuasa, tidak usah makan siang hari untuk merasakan bagaimana rasanya lapar pada saat harus bekerja. Kemudian sukurilah pada saat anda berbuka, makanlah makanan yang sederhana dan ucapkan rasa syukur karena anda masih bisa makan hari itu. Cari tahu bagaimana rasanya menjadi miskin dengan menanyakan langsung pada orang yang benar-benar miskin.
  2. Be More Productive. Hindari sikap malas. Buka peluang kerja. Kerjakan pekerjaan anda dengan baik sehingga anda masih punya waktu luang, yang bisa anda manfaatkan. Gunakan semaksimal mungkin kemampuan profesional anda untuk melatih orang sekitar, menyumbangkan kemampuan anda bagi organisasi sosial.
  3. Hidup Hemat. Kurangi konsumsi makanan tertentu, seperti daging, konsumsi kosmetik, kopi, rokok, yang uang penghematannya bisa anda gunakan untuk menolong kemiskinan di sekitar anda.
  4. Manfaatkan barang-barang bekas. Barang yang masih bisa dipakai sebaiknya dikumpulkan untuk mereka. Sebaiknya anak yang diajarkan untuk memberikan juga yang diberikan adalah mainan bekas mereka, bukan uang ayah ibunya. Segala macam cara mewujudkan bantuan kepada orang miskin dengan cara menjual, memakai ulang dll bisa disarankan dengan ide dasar ini.
  5. Pay it forward. Intinya sebenarnya berbuat baiklah kepada orang lain. Film-nya dulu cukup baik menjelaskan tentang bagaimana bermaknanya berbuat baik kepada sesama. Satu orang berbuat baik kepada 3 orang dan meminta orang yang mendapatkan pertolongannya waktu itu memberikan pertolongan kepada 3 orang lain yang membutuhkan, sehingga bisa menyebabkan efek berantai yang dahsyat dengan tema “berbuat baik”.

Ada lagi ngga ya kira-kira .. daftar lengkapnya ada disini.

[Update]

6. Tidak berjiwa miskin. Orang yang masih banyak perlunya dan banyak minta ke sekelilingnya harus diperhitungkan sebagai orang miskin yang tidak perlu sungkan-sungkan diberdayakan secara batiniah saja. Ngga usah ditambahi materi lagi. Karena ini jenis kemiskinan jiwa. Orang seperti ini biasanya harus diberikan santunan nasihat dengan berbagai tingkat kearifan. Bisa sangat halus bisa jadi harus dibecandain agak kasar .. yang penting jangan berantem gara-gara mau nolong orang yach .. [thanx mba Juliach]

Salam,

kemiskinan, poverty, blog action

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas| opm| bljrblog | balita. 

Advertisements

20 comments on “Ide dasar 88 aksi melawan kemiskinan”

  1. ya pak .. salah satu dari yang 88 itu ada “combat corruptions” .. tapi itu cuma cara-cara saja .. saya pikir masing-masing kita punya potensi mengentaskan kemiskinan dengan mulai menyebarkan informasi dan saling memberitahukan yang lain bagaimana caranya ..

  2. Berikan Haknya kali ya… saya mulai tebak-tebakan nih. yang penting bukan untuk dapat hadiahnya. Bukan juga tebak-tebakan doang, karena di makassar doang itu artinya UDANG. hehee

  3. @bloGEsam
    Kalo udah setuju saya titip minta tolong dibuatkan posting tentang kemiskinan di sekitar lingkungan anda. Barangkali bisa menggugah yang lain untuk berbuat serupa. Oya daftarkan juga di blogactionday.org.

    @limpo50
    Fotonya makan udang udah ditempel tuh sama mas jojok di blognya. wah makan-makan ngga ngajak-ngajak.
    Iya pak. kalo sadar punya pikiran bahwa dalam setiap harta kita ada hak mereka. Paling ngga hak mereka disalurkan jadi abonemen speedy, dan digunakan untuk menggugah blogger lain untuk gerakan bersama mengentaskan kemiskinan. meski cuma hal-hal kecil yang bisa dilakukan.

    @bu Enny
    Trims banget menyempatkan singgah .. iya bu, motivasi, niat ingsun dan keinginan emang perlu digarisbawahi tersendiri. Saya mencoba menjawab temen-temen yang nanya bentuk nyatanya apa kegiatan ini.. ketemu postingan 88 itu dan akhirnya jadilah postingan ini ..

  4. Jangan merasa miskin bila masih mampu.
    Ketika dibilang miskin pasti itu orang marah, but kalo ada bantuan untuk orang miskin, rame-rame mengaku miskin. lihat aja tu seperti program BLT, Raskin, konversi Gas, dll lah….

  5. iya, stuju
    seperti yang mba Juliach bilang jangan berjiwa miskin, setidak-tidaknya untuk kita sendiri. Kalo yang gayakin (keluarga kaya ngaku miskin) atau sadikin (sakit dikit jadi miskin) gitu sih miskin jiwanya .. udah dol remnya untuk makan jatah fakir miskin. Yang kayak gitu kayaknya ngga bisa dimintai tolong mengentaskan kemiskinan secara mereka sendiri perlu ditambahi sesuatu dijiwa mereka .. hihihi

  6. ARTIKEL yang sangat ..sangat… sangat menarik….. memacu pembaca untuk berpikir kreatif…
    saya punya cerita juga nih… suatu hari mau hapus Spam email…. iseng” saya baca dulu.. ternyta lumayan brilian konsep yang ditawarkan….
    mampir ke blog saya ya… baca dan analisa dengan baik… semoga anda mau mengikuti jejak saya,,, mengikuti program tersebut….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s