Memerangi kemiskinan ..

5 comments

Mana sih yang tepat ? Memerangi kemiskinan? Apa bisa dengan konteks berperang kita melawan kemiskinan ? Atau mau pake istilah a la UUD 45 .. memelihara fakir miskin dan anak terlantar biar makin banyak … 🙂 hhhhh ..
bicara tentang kemiskinan memang tidak akan pernah putus kamus.

Kita bisa bercerita tentang kasus-kasus penangangan gakin di rumah sakit, puskesmas dan jaringannya, kita bisa bercerita tentang betapa sulitnya menggolongkan mana pasien jamkesmas mana yang bukan, kita melihat pasien dan keluarganya yang ngaku jamkesmas bawa hape dan diantar mobil, kita dengar ada yang terinjak-injak sampai mati pada saat menerima uang BLT.

Belum lagi kalo diingat misalnya kematian ibu dan bayi balita lebih banyak terjadi pada mereka, balita gizi buruk demikian juga, kesakitan tuberkulosis paru juga mendukung, sampe ke penggunaan garam non iodium juga ada di segmen ekonomi ini. Dan itu baru bicara sektor kesehatan. Bagaimana dengan pertanian, industri, perumahan, ketenagakerjaan dll.

bad440Bagaimana kita mau memerangi kemiskinan kalo sementara masih saja kita berhadapan dengan banyak hal yang mengganggu pikiran kita .. ya entah perlakuan semena-mena terhadap orang miskinnya atau memang yang miskin sendiri tidak tahu diri berlagak macam-macam. Disini ada istilah gayakin dan sadikin. Keluarga Kaya ngaku Miskin dan Sakit sedikit jadi miskin. Ini diberikan sebagai gelar bagi masyarakat yang menikmati gaya hidup miskin.

Nah sudah mulai terbayang bagaimana mau berperang sementara musuhnya adalah balatentaranya sendiri ?

 

tumbuh kembang, balita, bayi, makanan bayi, makanan anak, nutrisi bayi

Related Posts :

5 comments on “Memerangi kemiskinan ..”

  1. Lho halo, Mba MIna dari Eveyday Tidbits akhirnya datang juga ke rumah saya .. emang gerakan global dan masalah yang kita hadapin juga ada dimana-mana .. yach mirip-mirip ngga jadi masalah ..

Tinggalkan Balasan