Blog Action Day 2008

10 comments

Hari ini ada ajakan dunia maya di blog blogactionday.org untuk aksi mengentaskan kemiskinan dengan blog. Entah bagaimana maksudnya supaya bisa blogger di tempat yang sangat banyak orang miskinnya ini bisa ikutan berperan, tapi yang jelas saya mendukung gerakan ini.

Kemiskinan di negeri ini tidak lagi mengejutkan. Yang pasti, siapa pun di antara kita sepakat untuk memerangi kemiskinan. Perang terhadap kemiskinan menjadi tanggung jawab mutlak negara untuk mampu menciptakan kesejahteraan bagi segenap rakyat. Nah deket sini aja ada beberapa tetangga yang emang miskin dan bener-bener ngga punya apa-apa .. Dan beberapa hari ini ada pembagian BLT. Kabarnya ada kenaikan jumlah dari 300rb rupiah menjadi 400rb rupiah.

Pemberian akses terhadap sumber-sumber ekonomi semestinya membuat rakyat mampu berdikari dan berkembang. Penciptaan lapangan kerja mungkin merupakan solusi cerdas daripada memanjakan penduduk miskin dengan bantuan-bantuan kurang memberdayakan. Memang susahnya lagi adalah kebutuhan nyata mereka saat ini terpenuhi dengan bantuan seperti ini .. Namun sampai berapa lama mereka akan bisa bertahan dengan uang yang tak seberapa itu ..

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan. Dan mungkin kalangan blogger bisa ikut serta disini.

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

Related Posts :

Advertisements

10 comments on “Blog Action Day 2008”

  1. mungkin salah satunya memberikan pelatihan membuat Blog kepada kaum dhuafa, sehingga mereka bisa menawarkan potensi-potensi yang mereka miliki, dan diharapkan menjadi sarana promosi yang efektif dan mempunyai nilai tambah secara ekonomi. lewat media blog mereka bisa memperkenalkan usaha mereka misalnya :
    – jualan gorengan nya di jalan apa
    – jualan bubur nya kalau pagi buka jam berapa
    – praktek pijit berijasah nya menerima panggilan atau ndak, mereka bisa ninggalin nomer yang bisa dihubungi..
    – jalur mereka memulung barang bekas bisa di petakan di internet, jadi masyarakat yang onlen bisa ninggal barang bekas yang masih bisa dipake di jalur tersebut..

    ada usul lain ?? masih banyak peluang lewat blog…

  2. @ Jojok
    huakakakak .. bukannya malah ngajarin mereka bersikap konsumtif .. hihihi.. berapa banyak dari mereka yang bisa bersikap enterpreneur gitu .. tapi menarik juga .. coba jadi masukan buat saya dulu ..

    @ sibermedik
    Saya sudah bikin postingan disini

  3. Baiklah dicoba dijawab disini aja deh ..
    Mungkin maksudnya begini ..

    Kemiskinan disini nampaknya tidak terentaskan karena dianggap ada ketidakpedulian baik dari sementara pemerintah kepada masyarakatnya ataupun individu terhadap lingkungan sekitarnya.
    Menurut saya kenapa ini ditelorkan di kalangan blogger, karena pengguna komputer sebagai kebutuhan tentu telah melewati kebutuhan primer lainnya dalam arti berkecukupan. Setidaknya ada komponen-komponen yang bisa diberikan dalam kehidupannya kepada masyarakat. Misalkan :
    1. Waktu. tentu ada waktu yang bisa disisihkan, bila blogging saja sempat.
    2. barang bekas layak pakai.
    3. ekspertise (kemampuan, keahlian)
    dll
    nah mengangkat kemiskinan tidak hanya dimaknai sebagai memberikan uang, menyekolahkan, memberikan tempat tinggal. akan tetapi harus menjadikan masyarakat miskin tadi berdaya, bisa mandiri. karena itu selain bentuknya sumbangan, donor dll, kita juga diharapkan bisa melakukan pemberdayaan (empowering) bagi keluarga miskin agar kelak pada saat tidak ada bantuan mereka bisa berupaya sendiri.

    Tugas kita sebagai blogger dimana ? Dibagian menebar konsep ini ke banyak orang. Pertama mungkin kalangan blogger juga, dengan memasang badge, memberikan posting tentang kemiskinan disekitar kita, dan mengajak blogger lain untuk berbuat serupa. Karenanya salah satu tema bannernya adalah change the conversations.

    yach tarolah kita sekarang ceritain tentang hoax matahari bersinar 36 jam, kematian suzanna, bikin puisi cinta atau memasarkan dagangan sepeda motornya. Kenapa kita ngga menyisihkan satu postingan yang bercerita tentang kemiskinan dengan image salah satu badge dari blogactionday.org untuk pembaca kita. Berharap efek berantai ini terjadi. Kita mau belajar tentang kemiskinan dan peduli terhadap lingkungan kita, sekalian kita jadi duta informasi terhadap pelanggan (pembaca blog) kita masing-masing.

    Itu kali yach ide dasarnya, menurut saya. Mungkin ada yang mau menambahkan?

    Related Posts :
    Ide dasar 88 aksi melawan kemiskinan
    Memerangi kemiskinan ..
    Mengajak pada pengentasan kemiskinan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s