Puasa Ramadhan itu latihannya ..

2 comments

Kalo sekarang jadi kembali bejat mah lebih baik kemaren makan minum aja .. kan percuma aja lapar dahaga ..
..kalo sekarang makanan kembali yang sumir apalagi yang haram ..
..kalo habis ini kembali nilep uang yang bukan miliknya ..
..kalo setelah ini maksiat yang lama balik lagi ..
apa gunanya latihan bersusah-susah ..

berpuasa itu disebutkan dengan tujuan menjadi orang yang bertakwa .. jadi mestinya setelah bulan puasa ya kita jadi lebih manut apa perintah dan menjauhi apa larangan ..

Sudah janji Allah kalo mengikuti apa yang disuruh itu hasilnya nikmat, maka Allah mengibaratkan nikmat itu untuk orang yang merasa puasanya 11 bulan berikutnya .. redaksinya berbunyi orang yang merindukan ramadhan setahun penuh .. mungkin kita memang sebenarnya selalu rindu dengan menjadi bener (takwa).

Pada bulan itu iblis dipenjara.. kita diberikan kemudahan, coba sajalah diingat-ingat kalo kita marah .. kalo ngga ada sipir penjara (red: teman-teman) yang pada ngingetin kalo kita lagi puasa .. bahkan lebih baik kalo kita juga sadar bahwa kita sedang berpuasa.. saya ngga tahu iblis yang beneran kayak apa .. tapi kayaknya sih anak pinaknya yang namanya setan sih sering nyatronin otak .. apa juga mungkin itu pikiran saya aja yang juga udah berubah sebagian jadi setan .. sehingga dia selalu mengajak pada keburukan .. apa itu bukannya nafs (jiwa) yang katanya selalu ngajak yang buruk-buruk .. entahlah pembicaraan kita juga bukan tentang itu kan .. mari balik ke topik ..

Pada bulan itu juga kita diajari menahan diri .. tidak semua yang halal itu selalu boleh kita cicipi .. pada saat siang Allah menuntut hak Dia atas makanan, minuman yang nyata-nyata halal. Kalo kita mau mengembalikan ke kehidupan sehari-hari .. mestinya yang jadi milik orang, juga haram buat kita meskipun diluar bulan puasa. Seandainya kita mau mempertanyakannya  seperti di dalam bulan ramadhan mungkin udah banyak berkurang orang yang nyolong terang-terangan. Mungkin juga yang korupsi (?) masih belum pasti .. soale kayaknya orang yang korupsi emang mesti masuk islam lagi dari awal, biar ngerti bahwa yang gurem-gurem itu dilarang, sekarang mereka malah sudah ngga bisa bedain mana yang gurem mana yang jelas .. semua sikaaaaattt !! wah lospokus lagi ..

Juga di bulan itu kita dituntut untuk banyak tadarus .. maksudnya kita udah dititipi kitab perundangan yang kekal sepanjang masa, mestinya itu dipelajari .. biar kita banyak ngertinya tentang hukum-hukum yang ada didunia ini .. biar kita tambah wawasan .. biar kita ngerti sejarah ..  Kita diajar juga untuk memperbanyak shalat sunnat, mendengarkan nasihat-nasihat, banyak-banyak berinfaq, bahkan ada waktu dimana kita diminta mengasingkan dari banyak kehidupan dunia dan bertafakur .. dan masih banyak materi pelatihan lainnya..

Materinya sudah dengan baik sempurna disusun, pelajarannya diawasi ngga cuma diri sendiri dan pengawas-pengawas ghaib, tapi hampir semua mata orang-dekat dan orang-jauh memandang, tujuannya ditetapkan, hadiahnya disediakan, hasil pelatihan juga ngga dibocorkan bahkan pada peserta latih .. tinggal introspeksi diri ajalah yang merasakan mana yang udah didapat mana yang gagal diraih. Jadi yang perlu tinggal pemanfaatan hasil latihan ..

Saya yakin betul refreshing itu perlu .. karena Rasul bilang emang iman itu turun naik .. kalo ikut siklus normal barangkali sudah deket-deket bulan kesebelas lah kompetensi yang dilatihkan pada ramadhan tahun lalu sudah mulai banyak berlunturan .. karena itu Allah bikin Maha Pelatihan .. milyaran orang baliq dilatih tiap tahunnya .. hmm .. menyediakan bahan pelatihan yang spesifik untuk tiap orang, mengatur siapa saja yang mengawasi, mengatur mana yang bisa dapat doorprize i’tikaf, bikin ponten masing-masing orang, dst dst .. busyet kalo diproyekkan kayaknya emang ngga kehitung ..

Nah kalo gini apa kita cuma kelihatan berhasil di latihan kemudian boro-boro 11 bulan .. 2-3 hari aja udah lepas kontrol. Atau kita bisa mewujudkan muttaqien dengan memenuhi perintah dan menjauhi larangan .. pertanyaan yang berpulang pada diri masing-masing ..

signature

Related Posts :

Advertisements

2 comments on “Puasa Ramadhan itu latihannya ..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s