Prinsip Diet Anak 1 Tahun

10 comments

Ada sedikitnya 6 hal yang harus diperhatikan orangtua dalam memberikan makanan pada anak yang berusia 12 bulan.

  • Anak sangat memerlukan asupan makanan, jangan samakan lagi dengan sebelum ia berumur 6 bulan dimana ASI sudah cukup. Setiap makanan yang bergizi yang diperlukan masuk. Nilai gizi yang berbeda pada setiap makanan bisa membuat kita menentukan kapan makan ‘besar’ kapan ‘nyamil’. Contoh gampangnya coklat dan pisang sama-sama 100 kalori pasti beda volume.
  • Jangan lewatkan memberi makan secara teratur. Keteraturan penting dimulai dari sangat dini. Kantung perut bayi masih sangat kecil kapasitasnya
  • Kegemukan bisa terjadi pada anak satu tahun, jangan berpikir itu lucu, tapi juga jangan melakukan pembatasan berlebihan terhadap makan anak.
  • Karbohidrat Kompleks. Roti, sereal, nasi merah, buah dan sayur mengandung KH Kompleks. Dibandingkan memberikan makanan dengan KH (gula) sederhana, seperti gula, madu, tepung halus dan makanan yang dibuat dengan ini. Hal ini perlu dipadukan dengan tidak membiasakan anak tidak diberikan gula. Karena selain merusak gigi, gula akan menyebabkan terus menyenangi makanan bergula. Jangan samakan dengan makanan manis. Anak anda masih membutuhkan gula dari buah dll.
  • Makin alami sajian makin baik. Dibeberapa literatur diharapkan penyajian masih dalam bentuk alaminya.
  • Jadikan kebiasaan makan yang baik ini adalah kebiasaan anda juga dan seluruh keluarga.

Kebutuhan harian

Kebutuhan harian bagi anak usia 1 tahun adalah sebagai berikut.

  • Kalori : 900 – 1350. Ngga usah repot-repot mengukur kalori asupan. Ikuti pertumbuhan pada balita melalui KMS. Itu sudah cukup. Bila perlu berat badan mengikuti perkembangan di satu pita hijau saja.
  • Protein 4 bagian. Makanan berkalsium – 4 bagian juga. Jadi ½ gelas susu yang diperkaya dengan kalsium. Termasuk didalamnya produk-produk dairy seperti keju.
  • Makanan mengandung vitamin C – 2 bagian atau lebih.
  • Sayuran hijau dan buah kuning (wortel) atau kacang-kacangan- 2 bagian.
  • Makanan yang mengandung zat besi beberapa bagian perhari (ada dalam kacang-kacangan, jeroan, hati (yang dari hewan juga mengandung kolesterol, jadi jangan terlalu sering)
  • Makanan berlemak 6-7 bagian. Setara ½ sendok makan minyak tidak jenuh.
  • Makanan asin. Batasi pemberian garam terlalu banyak. Tapi juga harus difortifikasi dengan iodium. Bila berada di daerah endemis berat anda perlu minta kapsul iodiol ke bidan di desa atau puskesmas/puskesmas pembantu.
  • Buah dan sayuran lain.
  • Cairan – empat sampai enam cangkir sehari.
  • Tambahan vitamin dan mineral.

Tidak seperti daftarnya yang cukup panjang sebenarnya kebutuhan harian anak sangatlah simple :

makan 3 porsi cukup nasi tim (sudah termasuk sayuran dan lauk) ditambah 4 gelas kecil susu, dan buah-buahan (1 kali sari buah) .

Setiap anak mempunyai keunikan sendiri karena itu keragaman pemberian makanan sangat diperlukan agar tidak cepat bosan dengan satu jenis makanan.

Bila anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut, mohon dijelaskan pola makan anak anda, agar memudahkan kami. Terimakasih.

Advertisements

10 comments on “Prinsip Diet Anak 1 Tahun”

  1. Mohon informasi apakah menu makanan anak saya sudah tepat???
    Anak saya usia 11 bulan, laki-laki, berat 8,3 kg, makan 3 kali sehari. Dan oleh mamanya makanan dibikin satuhari sekali dan selanjutnya dibagi menjadi tiga bagian dan dimasukkan ke dalam kulkas untuk 3 kali makan, dengan komposisi 200 gr daging cincang, nasi/tepung beras 6 sendok makan, blue band 3 sendok makan, air 200 ml dan susu 2 sendok makan. Atau kadang dagingnya diganti dengan 3 butir telor ayam atau 3 buah hati ayam. Kadang juga diselingi dengan sayur sedikit (bayam, wortel, jagung, brokoli). Anak juga minum susu 5 gelas sehari, kalau malam minum asi mamanya dan air putih. Tidak makan cemilan, karena bila salah makan cemilan jadi batuk dan diare. Terima kasih.

  2. Sebelumnya salam kenal…
    mohon maaf sebelumnya, kalau saya agak menyimpang dari tema.
    anak saya umur 3,5 th dengan berat badan 32 kg. makan nasi 3x sehari. pagi sebelum berangkat sekolah lebih sering makan nasi + sayur dengan komposisi wortel, brokoli bakso (kadang sosis) terkadang nasi goreng buatan pengasuhnya, juga cap cay sayuran + sea food (karena setiap hari saya bekerja). sekolah masih bw bekal nasi gooreng, kadang mie goreng, kadang roti tawar+selai strawber, kadang nasi + nagets atau cumi goreng tepung (berganti-ganti)untuk dimakan bersama di sekolah jam 10.00. pulang sekolah jam 10.30 dan jam 11 lebih sering dia sudah mulai tidur siang, bagun kurang lebih jam 14.00 s/d 15.00. bagun tidur makan nasi + sayur sisa pagi (karena memang sekaligus masak untuk 2x makan). setelah mandi dia main sepeda sebentar, jam 4 belajar mengaji 3x seminggu dan les membaca 2x seminggu. terkadang saya buatkan makanan donuts, bakwan, tahu isi dll (saya cenderung tidak suka beli makanan camilan diluar dan lebih sering membuat sendiri untuk cemilan)
    problem saya, kaka anak saya ini dari kecil tidak susah makan, dan tidak pernah kurus, lahir dengan berat badan 4,050 kg sampai sekarang 32 kg. saya sekarang ini kesulitan mengerem nafsu makannya… untuk susu sudah saya encerkan paling banyak dia minum 3x @ 180 mm dalam sehari.minum air putihnya banyak. sekali makan 1 gelas lebih kadang 2 gelas.
    saya sudah sampaikan kepada pengasuhnya kalo makan nasi dengan porsi sedikit kurang lebih 2 – 3 sendok makan penuh dengan kuah sayuran yg banyak jg air putih yg banyak. tapi berat badannya terus meningkat pesat. saya sangat khawatir sekali kalo berat badannya terus bertambah. yang paling merepotkan lagi dia kurang suka minum jus buah dan makan buah. mohon sarannya supaya saya bisa mengurangi atau mengerem pertambahan berat badan anak saya ini karena memang menurut saya sudah sangat mengkhawatirkan..
    terima kasih sebelumnya.

  3. maaf, mau numpang nanya
    alby skrg 11 bln. BB nya 8,2 kg. makannya susah bgt. alby cuma mau roti ma pisang aja, minum susunya jg agak2 susah, malah lebih sering minum air putih. apa perlu penambah nafsu makan? makanan yg lengkap komposisinya apa ya dok? maaf, baru anak pertama jdnya blank ga ngerti blas. terima kasih

  4. Salam kenal bu Reni ..
    Permasalahan Gizi Lebih baik overweight maupun obesitas memang sekarang sudah makin sering dibicarakan menyaingi masalah gizi buruk. Untuk menjawab pertanyaan ibu kami buatkan post disini
    Terimakasih. Salam.

  5. salam kenal…..
    anak saya berusia 11 bulan 20 hari, lahir dengan BB 2,9 kg. saat ini berat badannya 7 kg lebih dikit, sudah 2 bulan ini g naik BBnya. sejak lahir susah banget minum susunya, ASI tetep tapi kurang optimal krn saya bekerja diluar rumah.makannya sih tidak masalah, selama ini dalam 1 hari makan bubur nasi+sayur+lauk 3 kali sehari, pagi makan jenang sagu+gula merah. sayurnya wortel, brokoli, bayam dan jagung gantian, sedangkan lauknya lebih sering saya kasih daging(kaldu), ati, ceker ayam, tahu, tempe, kadang telur juga. makan buah 1 kali (pisang, pear dan pepaya). minum susu cuma 2 cangkir kecil itpun krn dipaksa kadang juga g mau, kalo malam minum ASI aja.anak saya suka minum air putih, tapi suka saya batasi krn jadi ngompol terus.BABnya sering banget, dalam sehari bisa sampai 3 kali, tiap abis makan dia BAB, tapi klo saya liat BABnya normal2 aj (tdk mencret). klo ke dokter, saya suka dimarahin ma dokternya katanya anak saya beratnya kurang, makannya harus yang bergizi. Saya jadi bingung……mohon sarannya apakah asupan gizi anak saya kurang? dan sebaiknya makanan seperti apa yang harus saya berikan kepada anak saya dan adakah makanan pengganti susu yang gizinya sama dengannya. klo mau dikasih vitamin, vitamin yang seperti apa yang baik buat anak saya? dan mengenai BAB yang terlalu sering tersebut, apakah merupakan suatu kelainan, adakah pengaruhnya dengan BB anak saya yang kurang?

  6. Assalamualaikum,
    salam kenal
    mau nanya, Anak saya 17 bulan BB 13 kg apakah termasuk overweight,bagaimana idealnya
    anak saya makan 3 X sehari.Sehari bisa minum susu sampe 10 botol:)

  7. salam kenal dok
    mau nanya nich, anak saya perempuan usianya sekarang 21 bulan, tapi berat badannya masih 11 kg. dia makanya susah banget maunya susu aja, saya sudah coba beberapa cara agar dia mau makan tapi tetap aja susah makanya. sampai saya memberikan vitamin penambah nafsuh makan tapi tetap aja nafsu makannya ga ada, saya takut anak saya kurang gizi dok, maka saya bantu dengan memberi dia pediasur sehari 2 gelas kalo dia tidak mau makan sama sekali. anak saya aktif sekali. gimana caranya agar dia mau makan ? apa dengan memberi dia pediasur itu salah dok ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s