Mari Menghitung Amal Perbuatan

8 comments

Setiap ramadhan saya punya kebiasaan menghitung-hitung amal perbuatan melebihi bulan-bulan lainnya.. misalnya gini .. udah berapa hari shalat tarawih, udah berapa juzz ngajinya .. yang ngga pada bulan-bulan lain saya lakukan.

Entah benar entah salah .. konsep di dalam kepala saya begini .. mungkin sebaiknya kita menghitungnya dengan lebih mendekati pencatatan seperti layaknya pencatatan stok barang. Misalkan begini ..

menghitung

Itu sekedar contoh .. tapi dengan begini mungkin bisa dihitung score kita sehari-hari .. bukankah kita diminta untuk berbuat hari ini lebih baik dari hari kemaren dan hari esok lebih baik dari hari ini ..

Tentang Scoring

Sebenernya itu sih bisa-bisa saya aja menentukan poin masing-masing ibadah dengan satuannya sendiri .. kita bisa aja bikin misalnya :

  1. satu kali sholat wajib dapat poin 10, sehingga kita dapat jumlah 50 poin seharinya. suka-suka aja .. yang penting ngga terbebani urusan skoring justru pada saat ibadah .. Ingat, Allah itu cemburuan banget .. tiada tuhan lain yang boleh ada disisiNya .. meskipun bentuknya scoring
  2. kurang seru? bisa ditambah gini misalnya :
    no 1. shalat wajib dapat score 1,
    no 2. shalat wajib tepat waktu dapat score 3,
    no 3. shalat wajib dikerjakan berjamaah dapat score 3
  3. masih mempertentangkan hitungan jumlah shalat tarawih ? silahkan aja .. toh ini programnya untuk diri sendiri .. kalaupun merasa rugi dengan cuma mengerjakan 11 rakaat sementara ada yang 23 rakaat bikin aja tiap rakaat shalatnya 3 poin lhaa kan udah jadi 33.
  4. Tadarus juga ngga harus juzz .. bisa aja ayat .. haaa kan lebih banyak ..
  5. Sebaiknya jangan berurusan sama yang ngga bisa dinilai .. misalnya .. kalau belum mendapatkan yang namanya malam lailatul qadar .. ya lebih baik ngga usah dicantumin dalam daftar .. mungkin lebih baik jumlah ibadahnya aja. Kalau sudah pernah, ah mungkin anda ngga perlu baca tulisan ini dari tadi ..
  6. Saya menulisnya memang dari shalat mungkin karena saya merasa shalat dulu yang paling penting .. malah dalam contoh itu ngga terlihat puasa karena ada dibawah lagi … seperti saya bilang tadi kriteria bisa anda susun sendiri. Anda kok yang akan menilai diri anda sendiri .. saya cuma mau memudahkan anda menghitung-hitung ..

Tentang Interpretasi Hasil

Intinya ini untuk kepentingan diri sendiri kok ..

  1. Saya berandai-andai jumlah score anda sekarang adalah 326 *asal!* trus besoknya anda karena sibuk menurun jadi 293 *lebih asal!* besoknya ngga ada kesibukan angka anda jadi 270 .. wah ya harusnya anda bertanya-tanya apanya ya yang nda dikerjakan .. nah kalo anda punya rincian anda bisa menelusuri angka apa yang belum masuk.
  2. Saya berandai-andai lagi anda memasukkan shalat rawatib tiap shalat wajib. Makin banyak kan makin baik .. tapi kalo kita bertemu dengan angka seperti ini ..
    4-2-0-0-2-0-0-0-0-2-0-2-2-0-0-0-0
    sebaiknya kita melihat lagi apa udah konsisten kita dengan ibadah-ibadah sunnah tadi .. bukankah lebih baik sedikit tapi dikerjakan rutin.
  3. Angka score bulanan juga bisa anda bandingkan. Bahkan kalo anda rajin terus menulis kegiatan anda bisa anda bandingkan tahun demi tahun ..

Mungkin masih banyak yang bisa kita dapatkan .. bagaimanapun itu hanya permukaan. Jumlah saja tidak akan berarti apa-apa bila kekhusyuan dan keihlasan anda dalam menjalankan ibadah yang semata-mata karena Allah tidak mewujud dalam setiap ibadah.

Disclaimer

Ini sekedar sharing, semoga Allah menjauhkan saya dari sifat riya’ dan semoga ini ada gunanya buat yang membaca.
Jangan menjadikan hitungan sebagai Tuhan, tapi jadikanlah muhasabah sebagai sarana kita menuju ALLAH.

Related Posts :

Advertisements

8 comments on “Mari Menghitung Amal Perbuatan”

  1. juz 2 saya…. alhamdulillah. tapi tadi siang, abis jum’atan lupa. soalnya ngantuk…. jadi, masih berhenti di juz 2.
    btw, pertanyaan nomer 15 di blog saya, bisa?

  2. kenapa ngga ditulis aja dalam bentuk tabel .. mungkin bisa membantu .. 🙂

    saya jadi bingung jawabnya .. menurut saya ini pasti bukan bahasa arab karena ngga ada alfabet “P” di arab.
    Di QS Qaaf 18 bahkan rakib atid bukanlah nama. Jadi saya pikir mungkin jawabannya adalah makna dari tugas rakib dan atid = (P)ENGAWAS
    salah ya ?

  3. Hehehe ternyata jawabannya Rakib .. saya tertipu dengan huruf P. saya pikir harus ada nama malaikat dimulai dengan huruf P.
    CMIIW, tapi rakib sendiri adalah jenis tugas bukan nama malaikat.
    Kalo yang berikutnya peniup sangkakala : ISRAFIL. Itu emang di hadist ada namanya seperti itu ..

  4. Hehehe .. persis banget perasaan aku abis posting ini .. perasaan dulu udah pernah gini .. tapi sekarang harus dianalisa .. *ngegede-gedein hati* .. thx ya mampir ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s