Birthday tersuram ..

One comment

cupcake “Perayaan” ulang tahun 2 Agustus 2008 ini sudah dimulai sejak jam 01.00 malam karena dibangunin istri .. (jangan jorok dulu, jek!)  karena anak sulung, Ihsan dan adiknya, Mira tiba-tiba panas .. Suhu di termometer menunjukkan 38°C untuk Ihsan dan 37,9°C untuk Mira. Kasian dengan tidur mereka maka obat panasnya pake Pamol supp. Selang 1/2 jam Ihsan masuk 1 supp lagi karena belum adem-adem juga ..  Emang mereka udah agak batuk-batuk berapa hari belakangan ini ..

Jam 05.00-an gitu ba’da shalat shubuh, anak-anak udah pada bangun semua, ngga seperti biasanya 4-5 tahun belakangan ini acara jam 2.30 menyanyikan selamat ulang tahun + suara sumbang dan mengantuk tidak terdengar, bahkan istri tercinta masih lupa sampai jam 6-an saat Ibunda tercinta ikutan bergabung dan memberikan ciuman sayang kepada anaknya ini ..

siti_fadilah Hari sialpun dimulai .. Jam 07.30 bertemu dengan Pa Tinggi (kepala desa) Sentong. Yang secara menakjubkan menolak pembagian kartu gakin (Jamkesmas) yang dititahkan Ibunda Siti Fadhilah kepada warganya sehubungan masih ada warga yang lebih miskin belum menerima. Pak tinggi tampaknya tidak tahu (mungkin karena masih baru) bahwa untuk pembagian dilaksanakan bertahap. Tahap II setelah data pertama ada perbaikan akan dilaksanakan setelah Agustusan. Cukup lama adu urat leher dengan pak tinggi yang nda pengertian ini ..

Jam 8.00 – 12.30 ikut kuliah Manajemen Sistem Informasi yang dibawakan oleh Pak Umar Wiwi. Standar, beliau memang menarik membawakan bahannya. Tapi berhubung beliau tahu ada rapat IDI maka memberikannya pun tergesa-gesa.

strokeJam 13.00 bergabung dengan teman-teman di Puskesmas Leces, dan ternyata tinggal segelintir pengurus yang masih bertahan karena masih ada makanan yang mau dibagi dan dibawa pulang membereskan pasca seminar. Jadilah ngga ikut seminar Penanggulangan Stroke Terkini dari Dr. Utoyo SpS.

S6003614 Beranjak pulang sekitar 13.30-an, ditengah jalan didahului oleh rombongan pejabat-pejabat Kabupaten dan Kota yang akan mengikuti acara Getras 2008. Dan hal tersialpun terjadilah! Mengikuti di belakang rombongan Ambulance Puskesmas yang dikemudikan pak Kardi (supir saya) berjalan sama cepat dengan rombongan. Tiba-tiba,  rombongan di depan berhenti mendadak. Pak Kardi refleks menginjak rem cciiiiiiiiiiitt .. Mobil Ambulance yang saat itu sedang muat pak kardi, saya dan istri (di bangku belakang) ditambah 4 tabung besar dan 2 tabung kecil Oksigen berusaha berhenti dan tetap tak bisa dicegah nutul (menghantam ringan) ke mobil dalam deretan terbelakang rombongan kabupaten tersebut. “braks!!!”

S6003615Dan kejadian tidak berhenti sampai situ .. setelah acara gedubrak ringan di depan tiba-tiba datang GEDUBRAKKS!! besar hantaman dari belakang .. kita terhuyung-huyung .. dan rombongan di depan pun mulai berjalan .. mobil yang sudah pasti babak belur bagian belakang ini pun segera dipinggirkan dan segera saya meloncat memeriksa keadaan istri yang dibelakang bergabung dengan tabung-tabung berat tersebut .. mujur .. nda ada ujung tabung yang menghantam dia .. mujur lagi dia sedang tidak duduk tempat yang bisa bikin badannya terlempar ke depan .. setelah istri aman .. baru lihat belakang mobil yang ringsek .. kaca hancur dan untungnya lagi ada kaca film yang melindungi tidak sampai pecah berterbangan .. kalo ngga ada, istri saya pasti sudah ditaburi serpihan kaca.

S6003616Mulailah urusan nego menyebalkan dimulai .. “sang penabrak” ternyata adalah seorang marinir dengan pangkat praka. Sayangnya saya kali ini harus  berhadapan dengan tentara yang kurang saya respek. Dalam keadaan kalut mestinya seorang prajurit bukannya mengancam-ancam mau bawa-bawa batalyon dll .. harusnya malah bisa lebih tenang ..

Alih-alih merasa bersalah “bang rem blong” ini malah minta ganti kerusakan mobilnya yang memang parah .. hehehe abang ini rupanya ngga pernah dengar hukum kekekalan energi : SIAPA YANG NABRAK DARI BELAKANG TETAP BERSALAH DEMI HUKUM .. Hey udah dengar BELUM?? HAH ! HAH!

S6003617Setelah datang Polisi Laka yang bernama Pak Nyoman, segera saja beliau mencari tahu bagaimana asal muasal cerita .. dalam pada itu udah ada satu-dua tentara yang bergabung .. beberapa teman-teman saya yang lewat untuk mengikuti Getras 2008 juga hadir bersimpati .. Bapak bupati dan Adji Masaid sempat lewat dan nunjuk-nunjuk dan dadah-dadah maklum om lo ini juga termasuk seleb meski tingkat desa krejengan, buktinya tiap ada selametan selalu diundang. [hah! berarti pak No yang pak bon puskesmas itu juga seleb dong?!] Pak Nyoman memutuskan untuk membawa kami ke pos Sumber Lele. Dan negosiasi akan dilanjutkan disana.

Sebelum menuju Pos Polisi Sumber Lele, kami pulang dulu ke rumah, pak Kardi menurunkan tabung oksigen lewat pintu samping ditolong temen-temen perawat .. Saya menyempatkan shalat dan sujud syukur kami masih terhindar dari bencana yang fatal.

Sesampainya di Pos Sumber Lele, jam 16.00. kami diajak duduk bersama oleh pak nyoman dengan merundingkan bagaimana baiknya permasalahan ini diselesaikan. “Bang Lapor Batalyon.com” ini tetap ngotot minta diganti mobilnya yang hancur bagian depan karena menabrak pantat kanan mobil ambulance. Dan karena identitas yang diberikan kepada Pak Nyoman itu adalah Kartu Tanda Anggota maka akhirnya melihat tidak ada kesamaan pendapat, pak Nyomanpun diam-diam menilpun temennya yang PM. Setelah itu Pak Nyoman memanggil saya dan menyatakan dia sudah memanggil PM dan dia memberitahu bahwa bagaimanapun “Bang Tubruk Pantat” ini akan dinyatakan bersalah.

Sayangnya pada saat PM datang “bang berani karna salah” ini sedang berdalih menengok anaknya yang katanya sedang muntah-muntah di rumah .. jadilah akhirnya surat-surat kami dibawa oleh Pak PM ke Probolinggo. dan mengharuskan saya dan “bang ngaku2 marinir tapi ngga pantes” ini menghadap ke kantornya.

Jam 18.15 kami sudah sampai di kantor PM Probolinggo. Sambil menunggu “bang nginjak rem sambil berdiri.net” yang belum datang-datang juga sampai jam 23 malam. Karena memaklumi adanya acara Getras yang pasti akan menghambat arus lalin, maka saya yang sampe ketiduran dua set di mesjid dan di mobil akhirnya digedor sama petugas. “Bang entah terhambat atau doyan terlambat yg ngaku tentara” inipun akhirnya datang juga.

Jam 00.30 akhirnya kesepakatan dicapai. “Bang sok ngancam yang kecut setelah dibentak pak PM” ini akhirnya setelah secara alot – menilpun sodaranya yg anggota DPRD dan ternyata teman saya – nego kenceng dari 1 juta, naik 1,5 juta dan berakhir 2 juta untuk perbaikan yang ditaksir montir seharga 4 juta – bolak-balik telpon dan sms entah benar entah ngga – mau membuat kesepakatan bahwa tanggal 3 Agustus selambatnya jam 16.00 akan melunasi biaya perbaikan tersebut.

nokia_e50_low-thumb Kesialan berikut jadi pelengkap sekaligus penutup acara hari ulang tahun ke-38 kali ini .. Setelah mau pulang jam 00.45.. baru teringat HP saya ternyata sudah tidak berada dalam kantong lagi .. mungkin terjatuh di Mesjid, mungkin juga di tempat lain setelah itu .. yang jelas dalam mesjid dan mobil waktu tidur setelah shalat itu nda ada lagi .. HP-nya nda bisa dicall karena emang dari sore tadi udah hampir habis battery, karenanya saya bawa hape isteri takut habis battery padahal masih perlu ..

Seperti biasa untuk kejadian-kejadian heboh seperti ini belum akan berakhir sebelum ada telpon-telpon dari petinggi-petinggi .. Mulai dari jam 5.30 bisa disebutkan Sekretaris Dinas, PJS Kepala Dinas, Kabid Pengembangan Kesehatan yang jam 12.00 malam tadi ditilpun pak Sekda, dan beberapa teman-temen yang kuaget banget ..

Untunglah semua berakhir dengan masih menempelnya selembar nyawa di badan ini ..   Pagi-pagi jam 6.00 kami baca doa selamat, bersyukur atas apa yang masih bisa kami nikmati dan semoga selalu mengingatkan kami untuk terus bersyukur kepadaNya.

Sekian akhir dari laporan journal khusus birthday tersuram .. Moral dari story ini adalah

Jangan keluar rumah disertai dengan perasaan tidak nyaman .. lebih baik menemani anak yang sakit daripada harus berantem mulut dengan pak kades, ngga fokus kuliah, ngga ikut seminar, ditabrak mobil marinir dan kehilangan hape disertai berurusan dengan “abang” diatas ..

Advertisements

1 comments on “Birthday tersuram ..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s