Islam, Iman dan Ihsan

No comments

Pelajarilah empat hal dalam hidup ini : Ilmu, Amal, Dakwah dan Sabar

> Ada berapa tingkatan dalam agama Islam itu ?

Tingkatan agama Islam ada 3 yakni :

  • Islam artinya berserah diri kepada Allah dengan mengesakan Allah (tauhid) tunduk padaNya dengan ketaatan (melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya, takwa) dan menjauhi syirik dan pelakunya. Islam ada 5 rukunnya yaitu kesaksian thd keesaan Allah dan pengakuan bahwa Muhammad adalah rasulNya, shalat, zakat, haji dan puasa di bulan Ramadhan.
  • Iman artinya meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lidah dan mengamalkan dengan perbuatan. Yang diyakininya haruslah menambah dirinya dalam ketaatan dan mengurangi dari maksiat. Iman memiliki 6 rukun, yaitu iman pada : Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Hari Kiamat dan takdir – baik atau buruknya.
  • Ihsan artinya “kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatNya, jika kamu tidak bisa melihatNya sesungguhnya Dia melihatmu” (muttafaqun ‘alaihi).

Ari Ginanjar dalam ESQ mengartikan iman sebagai berikut :

  • Iman kepada Allah (Star Principle), artinya prinsip-prinsip kehidupan yang mulia yang diturunkan dari keagungan nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Pengasih, Penyayang, Suci dan seterusnya. Darinya timbul rasa aman, percaya diri, integritas, bijaksana dan motivasi.
  • Iman kepada malaikat (Angel Principle), artinya prinsip-prinsip yang didasari oleh keteladanan malaikat spt loyalitas, komitmen, kebiasaan memberi, menolong dan saling percaya
  • Iman kepada rasul (Leadership Principle), artinya kepemimpinan, ini adalah yang bisa kita dapatkan dengan mengimani rasul-rasul yang telh diturunkan Allah. Pemimpin yang benar akan membawa kecintaan dan kepercayaan dari yang dipimpin.
  • Iman kepada Kitab (Learning principle), artinya pembelajaran tak kenal henti. Yang mengimani kitabullah mestinya adalah pencari kebenaran dan mau berpikir kritis
  • Iman kepada Hari Kemudian (Vision Principle), artinya cara pandang dengan berorientasi pada tujuan akhir. Sehingga orang yang mengimani adanya hari pembalasan dapat dengan tenang melakukan segala aktifitas karena ada jaminan masa depan dan selalu punya keinginan mengoptimalisasikan segala upayanya.
  • Iman kepada Qadar, baik dan buruknya (Well Organized Principle) artinya keteraturan alam dengan adanya Sunatullah (hukum alam dan sosial, membawa seorang yang mengimani Qadar berorientasi pemeliharaan dan pembentukan sistem.

Ari juga menjelaskan bahwa rukun Islam :

  1. Pembangunan ketangguhan personal terletak pada :
    • Syahadah sebagai Mission Statement
    • Shalat sebagai Character Building
    • Puasa sebagai Self Controling
  2. Pembangunan ketangguhan sosial terletak pada Zakat (Strategic Colaboration)
  3. Total Action (Hajj) adalah kolaborasi semua rukun.

Segini dulu biar nda mumet belajarnya .. biarkan mengendap duluu.. hhhhhh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s